Pengaruh Efektivitas Influencer Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk The Face Shop di Kota Denpasar
Kata Kunci:
citra merek, influencer marketing, keputusan pembelianAbstrak
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh influencer marketing dan citra merek secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian produk The Face Shop di Kota Denpasar. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden, teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) influencer marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. (3) influencer marketing dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Amalia, Putri. 2019. Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya.
Deisy, Lapian, Mandagie. 2018. Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler Di It Center Manado.
Ferdinand, A. 2006. Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi. Semarang Univ. Diponegoro.
Gilaninia, Shahram dan Seyyed J. Mousavian. 2011. The Investigation and Analysis Impact of Brand Image in Iran. African Journal of Business Management, (6)25: 7548 7556
Johansen, I. K. dan Guldvik, C. S.,2017.InfluencerMarketing and Purchase Intentions: Howdoes influencer marketingaffect purchase intentions?. Graduate Thesis, Norwegian School of Economics, Bergen.
Kadir. 2021. Pengaruh Influencer, Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Etnosentrisme Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Lokal Pada Generasi Milenial Kota Makassar.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Miati. 2020. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar).
Sandi. 2020. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Sebagai Pembeli Sepatu Casual Nike).
Sari, Anisa. 2013. Pengaruh Citra Merek Dan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu Manajemen.1 (1). pp : 285-296.
Sari, Gultom. 2020. Marketing Strategy In Effort To Increase Competitive Advantage In Small And Medium Enterprises.
Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Shimp, Terence. 2007. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid Kesatu, edisi Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Sugiharto, Ramadhana, S.Psi., M.Psi. 2018. Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom).
Sugiono. 2018. Metode penelitian manajemen. Bandung: alfabeda.
Suiciningtyas, Wulan. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of management analysis.1 (1). pp : 1-8.
Sujarweni, V. W. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pusaka Baru Press.
Wijaya, B. S. 2013. Dimensions of brand image: A conceptual review from the perspective of brand communication. European Journal of Business and Managemrnt, 5(31), 55-65.
Wijaya, Mohamad. 2013. Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado. Jurnal EMBA. 1 (4). pp : 105-114.
Wiliana, Purnaningsih, Muksin. 2020. Pengaruh Influencer dan Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan Goreng di Serpong.