Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen

Penulis

  • Dhea Serly Selviyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kualitas produk, brand Image, keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari kualitas produk dan brand image baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus pada mahasiswa Jurusan Manajemen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kualitas produk dan Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus pada mahasiswa Jurusan Manajemen. (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus pada mahasiswa Jurusan Manajemen. (3) Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus pada mahasiswa Jurusan Manajemen.

Referensi

Angipora, M. P. (2007). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aritonang, L. R. (2005). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Assauri, S. (2012). Strategic Marketing. Depok: Raja Grafindo Persada.

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi serta dampaknya pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). Jurnal Manajemen, 16-26.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 176-188.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsoro, B. B., & Hafidh, W. A. (2018). The Influence of Product Quality, Brand Image on Purchasing Decisions through Brand Trust as Mediating Variable. Management Analysis Journal , 528-539.

Karlina, N. N., & Seminari, N. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kalitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 1610-1623.

Keller, K. L., Parameswaran, M., & Jacob, I. (2011). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. India: Pearson Education India.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Bandung: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Bandung: Erlangga.

Lin, N. H. (2007). The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies, 121-132.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen . Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, P. D. (2007). Metodelogi Penelitian Bisnis, Edisi X. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyadi, Wiyani, W., & K.N, G. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis & Manajemen, 74-85.

Diterbitkan

2024-07-21

Terbitan

Bagian

Articles