Peran Profitabilitas dalam Memediasi Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020

Penulis

  • Pande Luh Dwi Trikayanti Undiksha
  • Fridayana Yudiatmaja Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility (CSR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) pada nilai perusahaan dan untuk menngetahui pengaruh profitabilitas dalam memediasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) pada nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). CSR pengungkapanya pada ekonomi, sosial dan lingkungan. Variabel profitabilitas mempergunakan Return On Asset (ROA). Variabel terikatnya yaitu nilai perusahaan yang diukur menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan 17 perusahaan sebagai sampel pada tahun 2018-2020. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis ialah analisis jalur dengan SPSS 22. Metode ilmiah yang digunakan untuk pengujian spekulasi ialah pengujian jalan dengan SPSS 22. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa CSR mempengaruhi nilai perusahaan. Dampak backhand CSR pada nilai perusahaan melalui profitabilitas mengalami penurunan. Profitabilitas meperlemah pengaruh CSR terhadap nilaai perusahaan.

Referensi

Agustine, I., Ekonomi, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. 2(1), 42–47.

Akuntansi, J., Pelita, B., & Juni, B. N. O. (2018). Jurnal akuntansi bisnis pelita bangsa-vol 3 no.1 – juni 2018. 3(1).

Anggraini, Fr. R. R. 2006. Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial pada Laporan Keuangan Tahunan. Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang.

Dahlia, Lely, dan Sylvia Veronica Siregar. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Fitri, R. A., & Herwiyanti, E. (2015). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Riana Anugrah Fitri Eliada Herwiyanti 1. Jurnal Akuntansi, 59–76.

Ghozali, I. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi ke 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. . 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Edisi Kedelapan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Herawati, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Faktor dari Pengaruh Earning Management terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Hosana R.P., E., & Juniarti. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Property, Real Estate, dan Konstruksi. Business Accounting Review, 4(1), 37–48. https://www.neliti.com/publications/185130/

Kuntari, Y. dan A. Sulistyani, 2007. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Laporan Tahunan Perusahaan Indeks Letter Quality (LQ 45) Tahun 2005. ASET. Volume 9.

Kusumadilaga, R., 2010. Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Faktor Moderating. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang.

Nahda, K., & Harjito, D. A. (2011). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Faktor Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.20885/jsb.vol15.iss1.art1

Nurbaiti, Siti Robiah dan Bambang, Aziz Nur. (2017). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat pada Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility. Proceeding Biology Education Conference, Vol.14 No.1, pp.224-228.

Oktariko,Bagas. (2018). Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Faktor Moderating. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(4), 607–618. https://doi.org/10.37476/akmen.v17i4.1188

Program, M., & Ilmu, S. (2016). EVALUASI PELAKSANAN PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PT . INDONESIA PRATAMA PADA MENINGKATKAN KESEJAHTERAN MASYARAKAT. 4(2), 727–740.

Rahayu, fitri ayu, & Mildawati, T. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variable Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(9), 1–19.

Rosiana, G. A. M. E., G. Juliarsa., dan M. R. Sari. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSRTerhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Faktor Pemoderasi. E-JurnalAkuntansi Universitas Udayana. Vol. 5(3): 723-738.

Stacia, Evelyn & Juniarti (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Sektor Pertambangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(1), 81–90. https://doi.org/10.37641/jiakes.v9i1.559

Diterbitkan

2024-07-21

Terbitan

Bagian

Articles