Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Gula Aren Pedawa Produksi Komunitas Tani Bima Dewa
Kata Kunci:
harga, inovasi produk, keputusan pembelianAbstrak
Salah satu alternatif yang digunakan agar terciptanya keputusan pembelian dalam penelitian ini yaitu inovasi produk dan harga. Dilakukannya inovasi terhadap produk membantu memperpanjang siklus kehidupan produk itu sendiri dan dibantu dengan harga produk yang sesuai, akan memberikan peluang adanya keputusan pembelian semakin besar. Sehingga pada penelitian ini dilakukan untuk menguji kembali pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan dari inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian gula aren Pedawa produksi komunitas tani Bima Dewa. Rancangan yang digunakan dalam riset ini adalah kuantitatif kausal dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive dengan jumlah responden 100 orang. Penelitian ini juga menggunakan terknik analisis regresi linier berganda dalam menganalisis data. Penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh inovasi produk dan harga secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian gula aren Pedawa produksi komunitas tani Bima Dewa.
Referensi
Abdjul, Rahayu, Agus Supandi Soegoto, Djurwati Soepeno.2018.“Analysis Of The Effect Of Product Innovation, Product Quality And Brand Image On The Purchase Decision Of Car Nissan Grand Livina On Pt.Wahana Wirawan Manado”. Jurnal EMBA. Volume 6 No.4. ISSN: 2303-1174.
Agus, S. (2013). Pengaruh Promosi, Harga, dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Batik Tulis Karangmilati Demak. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Jurusan Manajemen. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dewi, Tribuana Dewi. 2006.“Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan)”. Tesis. Semarang. Universitas Diponegoro.
Ernawati, Diah. 2019.“Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen. Volume 7 Nomor 1.
Freeman, Chris. 2004.“The Economics of Industrial Innovation (3rd Ed”), Taylor and Franch Group, London.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ketujuh). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, Iwan. 2019.Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Jakarta : Hidayatul Quran Kuningan.
Ilat, Lydia.V, Sri Murni, Tommy Parengkuan. 2018.“ Analysis Of The Influence Of Products And Prices On Re-Purchase Decisions At Smes D’cendol 77 In Eic Unsrat”. Jurnal EMBA. Volume 6 No.4. ISSN: 2303-1174.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition. Jakarta : Erlangga.
Masda, Pinta Gustiana. 2013.“Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Galamai di Kota Payakumbuh. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Putri, Elisa Desy Rinda. 2018.“Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Wardah Cosmetics di Indonesia)”. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Rahma, Athika. 2019.“ Ini Alasan Pertumbuhan Ekonomi Bali Melebihi Nasional”.Tersedia pada : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4062925/ini-alasan-pertumbuhan-ekonomi-bali-melebihi-nasional. (diakses tanggal 16 Maret).
Rasyid, Harun Al, Agus Tri Indah. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepda Motor Yamaha di Kota Tangerang. Perspektif. Volume 16 No.1.
Setyarko, Yugi. 2016.“Anlisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Produk secara Online”. Jurnal Ekonomika dan Manajemen. Volume 5 No.2, ISSN: 2252-6226.
Shaleh, Rifky. 2017.“Pengaruh Inovasi Produk, Gaya Hidup, Harga terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Stalker Pomade (Studi Kasus Pada Pembeli Minyak Rambut Stalker Pomade di UN PGRI Kediri). Simki-Economic. Volume 1 No. 1.
Susanto, Yulianita Wiwid. 2017.“Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Toko Roti dan Kue Ferissa Bantul Yogyakarta”. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Yogyakarta.
Swastha, B. 2014. Manajemen Penjualan edisi 3. Yogyakarta: BPFE.
Timoty, Yoseph.H, Silvya L. Mandey, Imelda W.J.Ogi. 2016.“The Influence Of Prices, Merchandise And Product Innovation Against The Decision Of Purchase A Dump Truck 6 Wheels In Pt. Astra International Isuzu Branch Manado”. Jurnal EMBA. Volume 6 No. 2. ISSN: 2303-1174.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran.Yogyakarta: Andi.
Yusuf, Muhammad. 2011. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi universitas Diponegoro Semarang). Fakultas Ekonomi Diponegoro: Semarang.
Zulaicha, Santri dan Rusda Irawati. 2016. “Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam”. Jurnal Inovasi dan Bisnis. Volume 4. Nomor 2.