PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MOBILE MAKHLUK HIDUP KELAS REPTILIA UNTUK SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.17880Keywords:
Game Edukasi, Makhluk Hidup, Kelas Reptilia, Mobile GameAbstract
Kelas reptilia merupakan bagian dari materi klasifikasi makhluk hidup yang terdapat pada mata pelajaran Biologi untuk siswa-siswi SMP kelas VII. Dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran merupakan salah satu unsur terpenting selain metode pembelajaran. Manfaat media pembelajaran adalah melancarkan interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Penyampaian materi pelajaran ini masih menggunakan sistem tradisional, sehingga kreativitas siswa kurang berkembang. Selain itu, untuk memahami ciri-ciri hewan kelas reptilia hanya dilihat dari gambar yang ada pada buku pelajaran. dan siswa sering mendapatkan nilai buruk bahkan harus melakukan remedial pada materi pelajaran tersebut. Oleh karena itu, dibangun sebuah game edukasi dengan tampilan model hewan 3D untuk pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup kelas reptilia. Berdasarkan pengujian manfaat belajar yang telah dilakukan ke siswa SMP kelas VII, didapatkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi game mengalami peningkatan pemahaman sebesar 40.5%. Pada pengujian fungsional, didapatkan bahwa fungsi pada aplikasi dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Serta berdasarkan pengujian umpan balik pengguna dapat disimpulkan bahwa game edukasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi perbedaan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri makhluk hidup kelas reptilia.References
Suwarno, Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMP, Jakarta: CV Karya Mandiri Nusantara, 2009.
L. S. Astuti, Klasifikasi Hewan, Jakarta: PT Kawan Pustaka, 2007.
K. N. Cittalaksana, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Pkn Kelas VII di SMP Negeri 1 Melaya”, E-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.
D. Buckingham and M. Scanlon, “Interactivity and Pedagogy in “Edu-tainment” Software”, Information Technology, Education and Society, 107-126, 2003.
A. Trisnadoli, B. Hendradjaya and W. D. Sunindyo, “A proposal of quality model for mobile games”, 2015 International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICEEI), 377–381, 2015.
D. A. P. Dewi and S. C. Wibawa, “Pengembangan Game Edukasi “Khrisna Adventure” Dengan Metode Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning)”, IT-EDU, 155–161, 2017.
S. Karim. dkk, Belajar IPA Membuka cakrawala Alam Sekitar, Penerbit PT. Setia Purna Inves, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)