RANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DENGAN MENGGUNAKAN THEORETICAL FRAMEWORK DAN PENDEKATAN KONTINGENSI PADA RSU BINTANG KABUPATEN KLUNGKUNG
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v9i3.29320Keywords:
Knowledge Management System, Theoretical Framewook, KotingensiAbstract
RSU Bintang merupakan rumah sakit binaan pemerintah daerah kabupaten Klungkung. Regulasi pada pemerintah daerah menyebabkan sering terjadi rotasi dan mutasi pegawai. Hal tersebut menyebabkan kehilangan pengetahuan tentang pekerjaan dan pengalaman pegawai serta pengolahannya yang masih belum baik. Oleh karena itu, RSU Bintang membutuhkan sistem yang dapat mengelola pengetahuan pegawai, sehingga diharapkan dapat meminimalkan hilangnya pengetahuan yang dimiliki organisasi. Knowledge Management System (KMS) merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan. Dari persoalan tersebut dirancanglah rancangan prototype KMS dengan menggunakan Theoretical framework dan pendekatan kontingensi. Theoretical framework digunakan dalam mengkombinasikan perancangan milik Fernandez Shaberwal dan Amrit Tiwana. Pendekatan kontingensi dipilih dikarenakan penelitian lebih ditekankan pada proses Knowledge Management. Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil akhir dari penelitian ini memprioritaskan pengembangan proses KMS yaitu exchange, direction, socialization for knowledge shering, externalization, routines, combination, dan socialization for knowledge discovery. Fitur yang dihasilkan adalah dokumentasi artikel atau berita, forum diskusi, manajemen dokumen dan manajemen pengetahuan. Hasil uji coba fungsionalitas menggunakan metode UAT mendapat rata 97,8 dan uji coba usability menggunakan metode SUS mendapatkan nilai 75,75 dengan tingkat usability baik. Dari hasil pengujian tersebut digunakan sebagai acuan untuk memberikan rekomendasi untuk dikembangkan KMS pada RSU Bintang.References
Alroobaea, R. dan Mayhew, P. J. “How many participants are really enough for usability studies?,” Proceedings of 2014 Science and Information Conference, SAI 2014, (August), hal. 48–56. doi: 10.1109/SAI.2014.6918171.
Artifasari, A. Pengaruh Faktor Knowledge Management Terhadap Kinerja Petugas Pada Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Bone. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2014. ISSN : 2302-1721.
Awad, Elias M., dan Hassan M. Ghaziri.. Knowledge Management. Virginia: International Technology Group, Ltd Publication.
Becerra-Fernandez, I., Gonzalez, A. & Sabherwal, R.. Knowledge Management: Challenges, Solutions, and Technologies. New Jersey: Pearson/Prentice Hall. 2004.
Becerra-Fernandez, I. & Sabherwal, R.. Knowledge Management: System and Processes. New York: M.E. Sharpe, Inc. 2010.
Borousan, Ehsan, et al.. A Case Study of Implementing Knowledge Management System in Healthcare in Malaysia. International Journal of Research in Management and Technology, ISSN: 2249-9563, Vol. 2, No. 5. 2012.
Davenport, T.D & Prusak, L.. Working Knowledge, How Organizations Manage What They Know. Boston, MA: Harvard Business School Press. 1998.
I. K. A. E. N., . D. K. A. S. S. M. S., & . I. G. P. S. S. P. . M. P.. Analisis Pemanfaatan E-Learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 11. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9865. 2016.
Jennex, M. E.. Knowledge Management: Concept, Methodologies, Tools and Application. Hershey: Information Science Reference. 2018.
Kharis dkk. Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale (SUS). 2019.
Kurnia, Yales.. Perancangan Model Knowledge Management System Keahlian Pegawai Pada Direktorat Umum Dan Operasional Di RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung. 2014.
Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). 2018. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Nonaka, I. A Dynamic Theory of Organizational Knowledge Creation. Organizatioan Science, vol. 5, No. 1, pp. 13-37. 1994.
Nonaka, I. & Takeuchi, H.. The Knowledge-Creating Company; How Japanese Companies Create The Dynamics of Innovation. New York: Oxford University Press. 1995.
Nonaka, I., von Krogh, G, and Voelpel, S.. Organizational Knowledge Creation Theory: Evolutionary Paths and Future Advances. Organizational Studies, 27(8), 1179-1206. 2006.
Peraturan Menteri Kesehatan no 71 Tahun 2013 pasal 3 tentang penyelenggara pelayanan kesehatan dan pemilihan fasilitas kesehatan bagi pengguna Kartu Indonesia Sehat.
Peraturan Menteri Kesehatan No. 147/Menkes/PER/I/2010 Tentang Perijinan Rumah Sakit.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 39 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
Suprianto. Perancangan Knowledge Management System: Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Program Studi Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia. 2014.
Tiwana, Amrit.. The Knowledge Management Toolkit, 1st Edition. New Jersey: Prentice Hall. 1999.
Tiwana, Amrit. The Knowledge Management Toolkit, The Practical Techniques For Building A Knowledge Management System. New Jersey: Prentice Hall. 2000.
UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Tanggung Jawab Pemerintah Dan Pemerintah Daerah.
Wijayanti, Perancangan Knowledge Management System: Studi Kasus RSUD Pasar Rebo Jakarta Program Studi Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia. 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)