PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PEMBIAKAN LELE MENGGUNAKAN MECHANICS DYNAMICS AESTHETICS (MDA) FRAMEWORK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v9i3.30008

Keywords:

MDA Framework, GameFlow Test, Game Edukasi, Budidaya Lele

Abstract

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan sebagian besar wilayahnya merupakan perairan. Potensi alam ini memberikan kesempatan besar pada Indonesia untuk mensuplai ikan, baik ikan air laut maupun ikan air tawar, ke dalam pasar internasional. Kenaikan produksi budidaya ikan dalam kolam air tawar cukup pesat yaitu berkisar 11 persen setiap tahun dan salah satu ikan air tawar yang populer untuk dibudidayakan adalah Lele. Naiknya tren perikanan budidaya di dunia juga mengakibatkan naiknya permintaan pelatihan budidaya ikan air tawar beserta media-media pelatihannya. Salah satu media pelatihan yang banyak digunakan di dalam pelatihan adalah buku dan video. Namun, Buku dan video memiliki kekurangan dalam hal interaksi aktif antara pengguna kedua media tersebut dan medianya. Game merupakan salah satu alternatif media pembelajaran selain buku dan video yang memiliki kelebihan dalam hal interaksi dengan penggunanya dibandingkan dengan buku dan video. Penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan pembelajaran budidaya ikan Lele dalam sebuah game. Budidaya ikan Lele dipilih karena berdasarkan laporan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki pangsa pasar terbesar untuk pasar ikan air tawar. Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan game manajemen ikan Lele ini adalah Mechanics-Dynamics-Aesthethics (MDA) Framework. Pengujian dengan menggunakan GameFlow Test menunjukkan rata-rata skor nilai sebesar 3.36 (67.2%) yang berarti bahwa hasil implementasi game ini bisa diterima dengan baik oleh pemain.

Author Biographies

Ali Sofyan Kholimi, Universitas Muhammadiyah Malang

Infromatika

Sugeng Prasetiyono, Universitas Muhammadiyah Malang

Infromatika

Lailatul Husniah, Universitas Muhammadiyah Malang


Infromatika

References

R. E. Ferdig, Handbook of Research on Effective Electronic Gaming in Education Set of 3. 2011.

R. Zheng and M. K. Gardner, Handbook of Research on Serious Games for Educational Applications-Information Science Reference. 2017.

Anonymous, “Potensi usaha budidaya ikan air tawar,” Kementrian Kelautan dan Perikanan, 2015. [Online]. Available: https://news.kkp.go.id/index.php/potensi-usaha-budidaya-ikan-air-tawar/. [Accessed: 12-Jul-2019].

Alif Nazzala Rizqi, “Budidaya Ikan Air Tawar Masih Terbuka Lebar,” Bisnis Indonesia, 2017. [Online]. Available: https://ekonomi.bisnis.com/read/20171112/99/708231/budidaya-ikan-air-tawar-masih-terbuka-lebar. [Accessed: 12-Jul-2020].

Y. A. Pradana, “Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Masyarakat,” Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, 2017. [Online]. Available: http://bbplm-jakarta.kemendesa.go.id/view/detil/176/pelatihan-budidaya-ikan-air-tawar-dalam-rangka-meningkatkan-kompetensi-dan-produktivitas-masyarakat. [Accessed: 12-Jul-2020].

F. Y. Al Irsyadi and Y. S. Nugroho, “Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect,” Pros. SNATIF, vol. 2, pp. 1–8, 2015.

A. Fairuzabadi and A. A. Supianto, “An Overview Of Learning Support Factors On Mathematic Games,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 4, no. 2, pp. 169–178, 2019, doi: 10.22219/kinetik.v4i2.761.

A. A. Syahidi, H. Tolle, A. A. Supianto, and T. Hirashima, “Educational Media Design for Learning Basic Programming in Branching Control Structure Material Using Problem-Posing Learning Model,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 4, no. 4, pp. 325–336, 2019, doi: 10.22219/kinetik.v4i4.803.

L. Husniah, F. Fannani, A. S. Kholimi, and A. E. Kristanto, “Game Development to Introduce Indonesian Traditional Weapons using MDA Framework,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 4, no. 1, pp. 27–36, 2018, doi: 10.22219/kinetik.v4i1.713.

L. Husniah, B. F. Pratama, and H. Wibowo, “Gamification And GDLC (Game Development Life Cycle) Application For Designing The Sumbawa Folklore Game ”The Legend Of Tanjung Menangis (Crying Cape)”,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, vol. 3, no. 4, pp. 351–358, 2018, doi: 10.22219/kinetik.v3i4.721.

C. Taurusta, “Rancang Bangun Game Algoritma Dan Struktur Data Berbasis Role Playing Game (Rpg) Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo,” Kinetik, vol. 2, no. 3, pp. 175–188, 2017, doi: 10.22219/kinetik.v2i3.167.

W. Wati and H. Istiqomah, “Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 162–167, 2019, doi: 10.24042/ijsme.v2i2.4341.

Anonymous, “ikan - Android Apps on Google Play,” 2020. [Online]. Available: https://play.google.com/store/search?q=ikan&c=apps&hl=en. [Accessed: 12-Jul-2020].

P. Republik Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017 Tentang Pembudidayaan Ikan.” Jakarta, 2017.

D. N. S. R. Suyanto, Budidaya Ikan Lele (ed. Revisis). Niaga Swadaya, 2004.

R. Hunicke, M. Leblanc, and R. Zubek, “MDA: A formal approach to game design and game research,” AAAI Work. - Tech. Rep., vol. WS-04-04, pp. 1–5, 2004.

M. Gallant, “Mechanics, Dynamics & Aesthetics,” 2009. [Online]. Available: http://gangles.ca/2009/08/21/mda/. [Accessed: 19-Jul-2020].

P. Sweetser and P. Wyeth, “GameFlow,” Comput. Entertain., vol. 3, no. 3, pp. 3–3, Jul. 2005, doi: 10.1145/1077246.1077253.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles