Praktikalitas Perancangan Media e-Learning Berbasis Video
DOI:
https://doi.org/10.23887/janapati.v5i2.9858Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan media pembelajaran berupa media e-learning berbasis video yang praktis untuk pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Penelitian ini melihat apakah media e- learning berbasis video yang dirancang ini praktis, kemudian dilakukan uji coba kepada pengguna, yaitu guru dan siswa. Aspek yang diuji cobakan kepada guru untuk melihat aspek akses e-learning, aspek materi, aspek penyajian, aspek media e-learning berbasis video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-learning berbasis video oleh guru sudah praktis, sedangkan kepada siswa untuk melihat minat siswa, proses penggunaannya, peningkatan keaktifan siswa dan waktu siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA dengan menggunakan media E-Learning Berbasis Video. Hasil praktikalitas oleh siswa sudah praktis. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa media e-learning berbasis video telah praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran di SMA dan dapat dikembangkan serta digunakan pada mata pelajaran yang berbeda.Downloads
Published
2016-07-13
How to Cite
Syahmaidi, E., & Hidayat, H. (2016). Praktikalitas Perancangan Media e-Learning Berbasis Video. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 5(2), 87–97. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i2.9858
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Janapati agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)