TANTANGAN DAN KESEMPATAN PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DASAR DAN MENEGAH DI KAWASAN PERBATASAN NEGARA DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jkh.v8i1.47951Abstrak
Peningkatan akaes pendidikan tidak dapat dilepaskan dari rencana pengunaan dan pemanfaatan tata ruang dari kawasan perbatasan itu sendiri. Bahkan seringkali Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang diperuntukan untuk pembukaan dan pembangunan sekolah di level desa dan kecamatan menjadi penghambat program karena harus ditinjau kembali dan diubah, atau cukup dilanggar begitu saja. Bahkan hampir semua proses perizinan pendirian sekolah dasar dan menengah bagi sekolah dasar dan menengah swasta yang didirikan oleh entitas non negara sangat sulit diperoleh karena ketidakjelasan penggunaan dan pemanfaatan ruang wilayah. Jumlah izin yang dikeluarkan mulai ditargetkan oleh DPRD untuk pemenuhan PAD, sehingga persoalan tidak cocok dengan rencana tata ruang yang ada tidak terlalu dihiraukan. Pada akhirnya, keberlanjutan sebagai prinsip dan good governance sebagai praktik yang merupakan dua aspek kembar dari penataan ruang yang baik hanya ada dalam konsep karena hanya menjadi alat legitimasi malpraktik sektor publik dalam pemanfaatan ruang dan eksploitasi sumber daya khususnya di kawasan perbatasan. Ijin pemanfaatan ruang bagi pendirian sekolah dasar dan menengah oleh sektor swasta sebaiknya disesuaikan dengan keperpihakan negara pada peningkatan akses pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).