PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA

Authors

  • Ni Nyoman Padmadewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis Pendidikan Karakter untuk Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Rancangan penelitiannya menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) yang direncanakan untuk dilaksanakan dalam dua tahun, dimana tahun pertama adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis Pendidikan Karakter dan tahun kedua adalah untuk menguji efektivitas penggunaannya dalam implementasi di kelas. Artikel ini menyajikan tentang hasil penelitian  yang mengembangkan 3 produk utama yaitu silabus, SAP dan RPP, instrument asesmen serta perangkat tambahan untuk memperkuat implementasi pendidikan karakter. Model pengembangannnya memodifikasi model yang dikembangkan oleh Dick dan Carey yang dianalisis dengan menggunakan metode gabungan baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif (mixed method). Ada tiga  produk utama dan beberapa produk tambahan  yang dihasilkan dalam penelitian ini yang bisa diterapkan di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang.

Downloads

Published

2015-04-27

Issue

Section

Articles