Implementasi Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi dada Mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha Tahun 2012

Penulis

  • Made Ary Meitriana Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Indrayani Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12764

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS pada mahasiswa Program S1 KKT Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun 2012 yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas belajar, 2) Penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran ARIAS berada pada kategori respon sangat  positif

 

Kata kunci: model pembelajaran ARIAS, aktivitas belajar, hasil belajar, dan respon mahasiswa

Diterbitkan

2013-12-07

Terbitan

Bagian

Articles