Optimalisasi Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Busungbiu

Penulis

  • Putu Agus Eka Sedana Jaya SMA Negeri 2 Busungbiu, Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v2i1.12776

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan penggunaan LKS terstruktur dalam pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 semester ganjil SMA Negeri 2 Busungbiu Tahun Pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar ekonomi. Data aktivitas diperoleh dengan melakukan observasi. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) aktivitas belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 66,70 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi skor rata-rata 83,18 dengan kategori baik pada siklus II, (2) hasil belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 62,14 pada siklus I menjadi skor rata-rata 66,36 dan ketuntasan belajar klasikalnya meningkat dari 68 % pada siklus I menjadi 79 % pada siklus II. Dengan demikian, optimalisasi penggunaan LKS terstruktur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

 

Kata-kata kunci : LKS terstruktur, aktivitas, hasil belajar

Diterbitkan

2014-06-15

Terbitan

Bagian

Articles