Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Tipe Jigsaw

Penulis

  • Putu Kusuma Adnyani Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Lulup Endah Tripalupi Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28034

Kata Kunci:

learning activit, learning model

Abstrak

In the classroom activity the teacher plays a role in the selection of learning models. It will have a great impact on student learning activities. Thus, this research aimed to find out the differences (1) students classroom activity of the experiment group, (2) students classroom activity of the control group, and (3) the significant differences of student classroom activities between the experimental group and the control group. Moreover, the research of study was experimental research. The instruments were using an observation form and documentation and the data were analysing by Independent Sample t-test. The results of this study disclosed (1) the experimental group showed very dynamic, (2) the control group were dynamic and (3) there were significant differences in the learning activities between the experimental group and control group students.

Referensi

Apriliawati. (2011). Penerapan Strategi Motivasi ARCH Dalam Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Canessia D.Putri, N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.

Catur Saputro, A. N., Istiana, G., & Sukardjo, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas Xi Ipa Semester Ii Sma Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 65–73.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Alfabet.

Dr. Rusman. (2012). model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. PT Raja Grafindo Persada.

Ibrahim, dkk. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Unesa Press.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif : Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Pusaka Pelajar.

Januartini, P. D., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2016). Studi Komparatif Model Pembelajaran Think Pair Square Dan Think Pair Share Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Mapel Tik Kelas X Sma N 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 148–160. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8523

Karyawati, N. K., Murda, I. N., & W., & W, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square ( TPS ) Berbantuan Kartu Kerja terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912

Oemar Hamalik. (2010). proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara.

Permendikbud. (2014). Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014.

Redno setiawan. (2018). peningkatan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas XI IIS SMA Negeri 2 Palangkaraya. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Sari, L. W., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom Kelas X Mia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(1). https://doi.org/10.29406/arz.v5i1.652

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.

Suriati, S. (2019). Analisis Prestasi Belajar Matematika : Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 181–188. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4374

Diterbitkan

2021-06-29

Terbitan

Bagian

Articles