Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembeiian Sepeda Motor Merek Honda di Astra Motor Cabang Ayani Singaraja

Penulis

  • Ni Made Putri Widyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Iuh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v10i1.33959

Kata Kunci:

CuIturaI, personaI, psychoIogicaI, purchase decision, sociaI

Abstrak

This study aims to anaIyze (1) the factors that determine the decision to purchase Honda motorbikes at Astra Motor Ayani Singaraja Branch, and (2) the most dominant factors determining the purchase decision for Honda brand bicycIes at Astra Motor Ayani Singaraja Branch. This research uses quantitative research. Data coIIection techniques were coIIected using a questionnaire and anaIyzed by factor anaIysis. The sampIe in this study were consumers who had purchased Honda motorbikes at Astra Motor Ayanai Singaraja branch with purposive sampIing technique, the totaI sampIe of respondents was 100 peopIe, the resuIts of this study indicate that (1) the factors that determine the decision to purchase a Honda brand at Astra Motor Ayani Singaraja Branch are psychoIogicaI factors, personaI factors, sociaI factors, cuIturaI factors and (2) the most dominant factor determining the decision to buy a Honda motorbike at Astra Motor Ayani Singaraja Branch is a psychoIogicaI factor with a varimax rotation score of 44,115.

Referensi

Asra, M. D., Manshur, A., Suyanto, A., Telkom, U., Budaya, F., Sosial, F., … Psikologis, F. (2019). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Samsung Berbasis Android Di Indonesia Analysis a Factors Affect Consumer Behavior in Decision To Buy Cell Phone Samsung Android Based in Indonesia. 6(1), 89–98.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839

chardika Respatya Hendro, W. H. (2018). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC Tahun 2018, Hal. 1-8 http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/ Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.

Fatimah, F. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ERA DIGITAL (Studi Kasus pada Ritel Tradisional di Desa Balung Lor Balung Jember). Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 31–46. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/782

H.M. Hermansyur dan Bunga Aditi. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 32–43. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/342

Harahap, I. A. B., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Mustika Ratu (Studi Kasus Pada Konsumen Kec. Tembalang Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(3), 107–115.

Jufidar, J., Abbas, F., & Safwadi, I. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Merek dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Skuter Metik Merek Honda di Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.30601/humaniora.v3i1.237

Leksono, R. B., & Herwin, H. (2017). Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 381–390. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i3.72

Mauliansyah, R. (2018). Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 818–826. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.687

Nurochani, N., & Mulyana, D. (2017). PENGARUH SERVICESCAPE DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Klinik Bersalin Bunga Mawarni Kota Banjar). Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 11–15. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.11-15

P. Kotler, & keller, helen. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Ruhamak, M. D. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.8

Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN GADO-GADO BOPLO (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Agribusiness Journal, 9(2), 177–214. https://doi.org/10.15408/aj.v9i2.5293

Sutisna. (2006). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafrida Hafni Sahir, Atika Ramadhani, dan E. D. S. T. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(031), 130.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76

Diterbitkan

2022-06-28

Terbitan

Bagian

Articles