Pengaruh Online Consumer Reviews dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.23887/ekuitas.v12i1.81406Kata Kunci:
Influencers, purchase decisions, online consumer reviewsAbstrak
This research aims to determine the influence of (1) online consumer reviews on purchasing decisions via the TikTok application; (2) Influencers on purchasing decisions through the TikTok application; and (3) Online consumer reviews and influencers on purchasing decisions through the TikTok application. This research uses a causal quantitative research design. The population in this study was 2425 students from the class of 2019 at Ganesha Education University. The technique used in sampling is purposive sampling. The sample in this study amounted to 100 people. The data collection method was carried out through distributing questionnaires. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this research show that (1) Online Consumer Reviews have a significant influence on purchasing decisions via the TikTok application; (2) Influencers have a significant influence on purchasing decisions through the TikTok application; and (3) Online Consumer Reviews and Influencers have a significant influence on purchasing decisions via the TikTok application
Referensi
Aradatin, S. A. Al, Muslim, B., & Meilina, R. (2017). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), 757–767.
Dzulqarnain, I. (2019) Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee, Universitas Jember.
Halim, A., & Tyra, M. J. (2021). Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 99. https://doi.org/10.31315/be.v18i1.5630
Katadata.co.id. (2022, 9 Agustus). "Memahami Cara Mengaktifkan TikTok Shop dan Panduan Penjualan Produk". Diakses pada 9 Agustus 2022.
Khafidatul, and Indra Krishernawan. 2020. “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6, no. 1 (June): 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143.
Kotler, P dan Armstrong, G. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing. Ke tujuh. Jakarta: penerbit salemba empat.
Kotler, P dan Keller, K L. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kurnia. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Nelayan di Kabupaten Bulukumba: Skripsi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Butarbutar, L. (2019). Pengaruh Online Customer Review, Influencer Marketing, Dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Purwanto, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redeb Dalam Berwirausaha. Change Agent For Management Journal, 3(2), 71–81. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Rahmah, A. N. (2021). Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja, Penghargaan, Sanksi dan Religiusitas Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (Survei pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Serang). Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 6(02), 181–193.
Rahmawati. 2022. Apa Saja Variabel Penelitian Dalam Bidang Marketing??? (Panduan Bagi Peneliti Pemula). Mulawarman University PRESS.
TikTok.com. (2022, 23 Agustus). Studi TikTok dan BCG Ungkap Konsep Shoppertainment Dapat Ciptakan Peluang Pasar Senilai 1 Triliun USD di Asia Pasifik. Diakses pada 23 Agustus 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ika Tindria Br Sembiring
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.