Penggunaan Strategi Please dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38985Keywords:
Keterampilan Menulis, Strategi PLEASEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Pick, List, Evaluate, Activate, Supply, End (PLEASE) dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik di kelas VIII.1 SMP Laboratorium Undiksha. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas VIII.1 SMP Laboratorium Undiksha. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII.1 yang berjumlah 25 orang dan objek dari penelitian ini adalah penggunaan strategi PLEASE yang diimplementasikan di kelas VIII.1 SMP Laboratorium Undiksha untuk meningkatkan keterampilan menulis pada peserta didik. Prosedur dari penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes yang berupa pre-test dan post-test serta catatan harian guru (teacher’s diary). Hasil dari penelitian ini adalah strategi PLEASE dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas VIII.1 SMP Laboratorium Undiksha. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 8,0 dan prosentase kelulusannya meningkat sebesar 36%; dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 7,0 dengan prosentase kelulusannya meningkat sebesar 20%; sedangkan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 15,0 dengan prosentase kelulusannya meningkat sebesar 56%.
References
Akincilar, V. (2010). The Effect of “PLEASE” Strategy Training Through The Self-Regulated Strategy Development (SRSD) Model on Fifth Grade ELF Students’ Descriptive Writing: Strategy Training on Planning. East Technical University. Diunduh dari: http://etd.lib.metu.edu.tr/upload/3/12611947/index/pdf pada 14 Februari 2019.
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Brown, D. H. (2001). Teaching by Principles. An Interactive Approach to
Language Pedagogy. (2nd ed). New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Harmer, J. (2007). How to Teach English (2nd ed.). Cambridge: Pearson.
He, X. (2016). An Action Research on Improving Non-English Majors ’ English Writing by Basic Sentence Pattern Translation Drills, 9(1), 142–147. https://doi.org/10.5539/elt.v9n1p142 DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v9n1p142
Javed, M., Juan, W. Q., & Nazli, S. (2013). A Study of Students’ Assessment in Writing Skills of the English Language. International Journal of Instruction, Vol. 6 No. 2, pp. 129-144, July 2013. Retrieved from www.e-iji.net on March 29th, 2019
Marhaeni, A.A.I.N. et.al. (2017). Assessmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pers.
Marzulina, L. (2018). L earning Strategy towards Students ’ Descriptive Writing Achievement Taught by Using Pick – List – Evaluate – Active – Supply – End Strategy. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 63–75. DOI: https://doi.org/10.19109/ejpp.v5i1.2050
Milford, T., & Harrison, G. L. (2010). Using the PLEASE Strategy With a Struggling Middle School Writer With a Disability, 45(5), 326–332. https://doi.org/10.1177/1053451209359080 DOI: https://doi.org/10.1177/1053451209359080
Ratminingsih, N.M. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pers.
Siringoringo, A., Aruan, R., & Sumbayak, D. M. (2017). THE EFFECT OF PLEASE STRATEGY ON THE ABILITY OF THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMP N 5 PEKANBARU. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/199613-the-effect-of-please-strategy-on-the-abi.pdf on March 23rd 2019
Verspoor, M., & Semiskova, H. (2012). Foreign language writing development from dynamic usage based perspective.L2 writing development: Multiple perspective. New York: de gruyter Mounton. DOI: https://doi.org/10.1515/9781934078303.17
Walker, S. (2012). 5 reasons why students should write every day. Retrieved from http://www.scilearn.com/blog/5-reasons-why-students-should-write-every day.html on April 3rd, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.