Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Media Audio-Visual

Authors

  • Putri Astuti Handayani Jurusan Pendididkan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Murda Jurusan Pendididkan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39084

Keywords:

Time Token, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan IPA dengan model pembelajaran Time Token berbantu media audio-visual dan untuk mendapatkan bukti bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN 1 Banjar Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ditempuh dengan 2 kali tindakan dan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran IPA berlangsung dengan menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, (2) peningkatan presentase hasil belajar siswa pada siklus I presentase rata-rata hasil belajar siswa memperoleh 67,61 dengan ketuntasan klasikal 54,54 % dan pada siklus II presentase rata-rata hasil belajar siswa 77,84 dengan ketuntasan klasikal 77,27% Dengan demikian ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 3,04 %. Dengan demikian model pembelajaran menggunakan Time Token berbantu media audio-visual ini dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran . Yogyakarta: Pedagogia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Umi, Khotimatunissa. 2015. Penerapan Model Time Token dengan Media Photo Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal. Kalam Cendikia, Volume 4, Nomor 6.1, Halaman 674-679. Universitas Sebelas Maret: Kebumen.

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Handayani, P. A., & Murda, I. N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Melalui Penerapan Model Pembelajaran Time Token Berbantu Media Audio-Visual. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39084

Issue

Section

Articles