Penerapan Metode Show And Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku

Authors

  • Isna Maulida Rahmayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39086

Keywords:

Show And Tell, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode Show and tell pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pernasidi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pernasidi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ditempuh dengan 2 kali tindakan dan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan berbicara mulai dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, (2) Ketuntasan keterampilan berbicara dengan kriteria baik pada pelaksanaan tindakan Siklus I 45%, dan pada pelaksanaan tindakan Siklus II meningkat menjadi 75%. Dengan demikian penerapan metode show and tell dalam pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 1 Pernasidi telah mencapai indikator ketercapaian keterampilan berbicara yaitu 70% dari jumlah siswa yang diteliti pada kriteria baik (76-100%).

 

References

Dailey. 1997. Sharing centers: an alternative approach to show and tell. Early childhood education journal. 24 (IV). DOI: https://doi.org/10.1007/BF02354836

Musfiroh. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Simulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanakkanak). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurbiana, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rohaeti. 2011. Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Show and Tell pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas 2 SDN 3 Cikahuripan Lembang. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Rahmayanti, I. M., & Parmiti, D. P. (2021). Penerapan Metode Show And Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 50–54. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39086

Issue

Section

Articles