Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Subtema Kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi

Authors

  • Restu Aji Puryanto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39583

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia, Metode Demonstrasi, dan Kelas II SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode demonstrasi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Negeri 1 Banjar Jawa semester II tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 4 tahap yakni perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktivan siswa dan tes unjuk kinerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi  dapat meningkatkan  keterampilan berbicara siswa kelas II SD. Pada pra siklus dan siklus I sebesar 12.5% yaitu pada tahap pra siklus terdapat 16 siswa (50%) sedangkan pada siklus I terdapat 20 siswa (62,5%) yang mencapai nilai tuntas. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,75%. Hal tersebut dilihat dari hasil siklus I terdapat 20 siswa (62,5%) dan pada siklus II terdapat 25 siswa (76,25%) yang mencapai nilai tuntas.

 

References

Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1998) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Daryanto, H. (2012) Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, S. (2000) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Novianti, Y. (2020) ‘Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Muara Bungo’, 5(1), pp. 551–556. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.277

Perayani, dkk, K. (2020) ‘Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Metode Cooperative Script di Kelas X IPS 1’, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (3), pp. 94–102.

Pratama, F., Firman, F. and Neviyarni, N. (2019) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), pp. 280–286. doi: 10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Sanjaya, W. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), p. 23. doi: 10.30868/ei.v7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sudijono, A. (2012) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Wuryandani., F. dan W. (2011) Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Zamzani., H. dan (1997) Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2021-09-23

How to Cite

Puryanto, R. A., & Ngurah Japa, I. G. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Subtema Kebersamaan di Tempat Wisata Melalui Penerapan Metode Demonstrasi. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39583

Issue

Section

Articles