Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanation
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39584Keywords:
Keterampilan Menulis Mind Mapping, Eksplanation TeksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks Eksplanation siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan prosedur Kemmis dan Taggart yaitu; planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan test. Data yang diperoleh selama proses penelitin ini kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada bagian observasi terdapat 3 aspek yang di amati yaitu, ranah Kongnitif, ranah Afektif dan ranah Psikomotor. Hasil observasi ranah kongnitif setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu pre observasi 43,52%, siklus I 74,07%, siklus II 93,52% dan mengalami peningkatan sebesar 50%. Ranah affektif juga mengalami peningkatan yaitu pada observasi awal 42,36%, siklus I 75,69%, siklus II 90,97%, peningkatan ranah ini adalah 48,61%. Peningkatan pada ranah Psikomotor yaitu 39,42% pada observasi awal, siklus I sebesar 74,07%, siklus II sebesar 90,74%, peningkatan pada ranah ini sebesar 51,32%. Test yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan hasil yang baik yaitu terjadi peningkatan hasil disetiap siklusnya. Jumlah siswa yang mencapai KKM setiap siklusnya adalah 14 siswa (38,89%) untuk pre-test, 22 siswa (72,22%) untuk Post-test I dan 31 siswa (86,11%) untuk post-test II. Nilai rata-rata siswa tiap siklusnya menunjukan peningkatan yaitu 67,52 pada pre-test, 77,82 post-test I dan 83,02 pada post-test II, data ini menunjukan peningkatan sebesar 15,50. Dari hasil yang diperoleh baik melalui observasi dan tes menunjukan bahwa penggunaan teknik mind mapping terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta diik pada teks eksplanation.
References
DePorter, Bobbi, Hernacki, M. (2013) Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
Kemendikbud (2014) Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Maryanto, R. I. P. and Wulanata, I. A. (2018) ‘Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado’, Pedagogia, 16(3), p. 305. doi: 10.17509/pdgia.v16i3.12073. DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073
Pratama, F., Firman, F. and Neviyarni, N. (2019) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), pp. 280–286. doi: 10.31004/edukatif.v1i3.63. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63
Ramdhan, V. (2017) ‘Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Babasa Terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi bahasa Inggris (The influence of the mastery of vocabulary and Grammar Babasa Against reading comprehension Text English Narration)’, Deiksis, 09(02), pp. 240–246. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299
Sudrajat, H. N. and Herlina, H. (2015) ‘Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo’, JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), pp. 114–121. doi: 10.21009/jiv.1002.6. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1002.6
Sukirno (2009) Pembelajaran Menulis Kreatif dengan Strategi Belajar Akselerasi. Purworejo: UM Purworejo Press.
Tarigan, H. G. (2008) Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Bandung: Angkasa Bandung.
Wahono (2013) Buku guru ilmu pengetahuan alamSMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.