Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola

Authors

  • Muh. Iqma Tullah Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39709

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar, Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas X D AKL SMK Negeri 1 Singaraja, berjumlah 32 orang dengan rincian 10 orang putra dan 22 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 di kelas X D AKL SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019, aktivitas belajar 32 peserta didik (22 peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki) pada materi teknik dasar passing sepak bola kaki bagian dalam yang diperoleh pada saat observasi tergolong cukup aktif. Dapat dilihat dari komponen aktivitas belajar peserta didik yang terdiri dari kegiatan visual, lisan, mendengarkan, metrik, mental dan emosional. Berdasarkan hasil pengamatan dari keenam komponen aktivitas tersebut didapatkan hasil persentase sebagai berikut: Peserta didik pada kategori sangat aktif tidak ada (0%), 14 orang (46,7%) berada dalam kategori tingkat aktivitas yang aktif, 12 orang (33,3%) berada dalam kategori tingkat aktivitas yang cukup aktif, 6 orang (20%) berada dalam kategori tingkat aktivitas yang kurang aktif, dan tidak ada orang (0%) berada dalam kategori tingkat aktivitas yang sangat kurang aktif, dengan persentase ketuntasan 14 orang (46,7%) tuntas dan 18 orang (53,3%) tidak tuntas. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X D AKL SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk mengaplikasikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing kaki bagian dalam.

References

Aji, R. N. B. (2013) ‘Nasionalisme Dalam Sepak Bola Indonesia Tahun 1950-1965 Sisi Sosial Dan Politik Sepak Bola’, Lembaran Sejarah, 10(2), Pp. 135–148.

Atiq, A. And Selamet Budiyanto, K. (2020) ‘Analisis Latihan Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Atlet Pemula’, Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), Pp. 15–22. Available At: Https://Doi.Org/10.31539/Jpjo.V4i1.1482. DOI: https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i1.1482

Budiman Agung (2018) ‘COMPETITOR : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPAYA PENINGKATAN TEKNIK PASSING BOLA DALAM’, 10.

Hakim, M. A. A., Sunarto And Totalia, S. A. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016’, Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), Pp. 1–13.

Hidayat, N. And Kusuma, G. (2013) ‘Dari An Nasher Hingga Assyabaab: Peranan Etnis Arab Dalam Sepak Bola Di Surabaya Tahun 1930-1948’, VERLEDEN Jurnal Kesejarahan, 3(1), Pp. 31–45. Available At: Http://Journal.Unair.Ac.Id/Dari-An-Nasher-Hingga-Assyabaab-Article-7805-Media-47-Category-8.Html.

Prawira, R. Z. R. And Tribinuka, T. (2016) ‘Pembinaan Pemain Muda Melalui Akademi Sepak Bola Rengga’, Jurnal Sains Dan Seni Its, 5(2), Pp. 13–17.

Saleh, M. (2013) ‘Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), Pp. 190–220. Doi: 10.22373/Jid.V14i1.497. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Wiyasa, I. K. N. (2013) ‘Model Pembelajaran Permainan Sepakbola’, Model Pembelajaran Permainan Sepakbola Bagi Siswa Sekolah, 9(April), Pp. 1–10.

Downloads

Published

2021-09-26

How to Cite

Tullah, M. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 45–51. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39709

Issue

Section

Articles