Penerapan Lesson Study pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 2
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.40415Keywords:
Lesson study, Aktivitas SiswaAbstract
Praktik pembelajaran konvensional cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Lesson Study merupakan alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson Study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson Study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa Semester II Tahun Ajaran 2018/ 2019 ke arah yang lebih efektif.Fokus yang paling utama dari Lesson Study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.
References
Abdul Karim, Muchtar. 2006. Implementation Of Lesson Study For Improving The Quality Of Mathematics Instruction In Malang. Tsubaka Journal Of Educational Study In Mathematics, 45
Akhmad Sudrajat. “Lessson Study Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran”. Hlm 2, Dalam Http://Ideguru.Wordpress.Com/2010/ 04/09/Lesson-Study-Untuk- Meningkatkan-Prosesdan-Hasil- Pembelajaran/, Diakses Tanggal 1 April 2019
A.M Sadirman. 2004. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Hendayana, S. Dkk. 2006. Lesson Study: Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Rizky Press
Indriati (2012) ‘Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media’, 1(2), Pp. 192–197.
Herawati. Chotimah, Husnul. Joharmawan, Ridwan. Jumiati. Sari, Yuyun D. Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang
Novianti, Y. (2020) ‘Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Muara Bungo’, 5(1), Pp. 551–556. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.277
Syamsiara Nur, S. P. (2017) ‘Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat’, 2(2), Pp. 133–141. Doi: 10.31219/Osf.Io/378f2. DOI: https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105
Wardana, A. E. (2020) ‘Partisipasi Aktif Siswa Fpips , Ikip Pgri Bojonegoro Fpips , Ikip Pgri Bojonegoro Fpmipa , Ikip Pgri Bojonegoro Pendahuluan Perubahan Kurikulum Berbasis Kurikulum Isi Ke Dari Menjadi Manusia Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa , Berakhlak’, Jurnal Pendidikan Edutama, 1 No 1, Pp. 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.