Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837Keywords:
Evaluasi, CIPP, PKLAbstract
Penyelenggaraan pendidikan kejuruan saat ini memasuki fase penting, yaitu fase lulusan pendidikan kejuruan akan dipertaruhkan kesiapannya dalam percaturan tenaga kerja di wilayah regional Asia, baik dalam konteks Asean Free Trade Association (AFTA) maupun Asean Free Labor Association (AFLA). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksananaan Program PKL SMK. Evaluasi PKL tersebut dilihat dari aspek context, input, process, product yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKL. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain equental Explanatory, menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (uji TCR) untuk data kuantitatif dan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan di SMK secara keseluruhan meliputi: Evaluasi context memperoleh standar skor rata-rata 83,00% baik. Evaluasi input memperoleh standar skor rata-rata 78,96% cukup. Evaluasi Process memperoleh standar skor rata-rata 68,94% cukup. Evaluasi product memperoleh standar skor rata-rata 77,89% cukup. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program PKL SMK adalah 79,09% masih dalam kategori cukup, dan perlu diperbaiki dari berbagai aspek sehingga bisa tercapainya tujuan dari PKL sebagai praktek kerja industri tercapai.
References
Aditya, F. (2013). Analisis Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XI SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9629.
Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124. DOI: https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124
Ainu, A. (2020). Evaluasi Program Praktek Industri Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK 1 Ujungbatu dengan Model Brinkerhoff. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 163–174. https://doi.org/0.23887/jipp.v4i1.24411.
Amelia Haryanti, S. H. (2022). Kiat Sukses Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Masa Pandemi COVID-19.
Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pen(7), 60–67. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340
Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches - 4th ed. SAGE Publications.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(01), 37–53. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39.
Edyan, R., Hikmah, H., & Setiawaty, T. (2022). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Cipp. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8918–8924. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9770.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2022). Analisis proses pembelajaran IPA terpadu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP kecamatan sumur. Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225
Hartono, R. (2019). Mendeteksi Guru Bergairah di Era Milenial (Konsep dan Acuan dalam Meningkatkan Gairah Mengajar).
Iriani, D. S., & Soeharto, S. (2015). Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 274–290. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835
Juri, A., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidika, 5(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439
Katili, A. O., Naway, F. A., & Lamatenggo, N. (2021). Implementasi Praktek Kerja Industri. Student Journal of Educational Management, 1–16. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i1.860. DOI: https://doi.org/10.37411/sjem.v1i1.860
Neliwati, N., Khairani, K., & Tambak, S. P. (2023). Evaluasi Pengelolaan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2285–2313. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2907. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2907
Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011
Pambudi, A. F. (2014). Analisis Spektrum Gaya Mengajar Divergendalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpji.v10i2.5700.
Paut, M. S. (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Basic Education, 5(6), 511–517. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1238.
Pujiono, S. (2014). Kesiapan guru bahasa Indonesia SMP dalam implementasi Kurikulum 2013. Litera, 13(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579
Rizka, M. A., & Tamba, W. (2019). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Aplikasi IPTEK, 2(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v2i1.561.
Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1949.
Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2021). Menjadi Pendidik Profesional.
Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86
Susana, N. (2016). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(6). https://doi.org/10.33369/mapen.v10i6.1314.
Siregar, N., & Manurung, S. L. (2020). Pengaruh Blended Learning terhadap Kreativitas Mahasiswa Calon Guru di Universitas Negeri Medan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.485. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.485
Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/ jp2f.vv9i2.3183. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183
Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558
Yumaroh, Y., Lestari, W., & Masrukan, M. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4398.
Yusuf, A. M. (2014). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1st ed.). Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.