Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Arfin Juri SMK Negeri 2 Padangsidimpuan, Padang, Indonesia
  • Alexsandra Alexsandra SMK Negeri 2 Padangsidimpuan
  • Wawan Purwanto SMK Negeri 2 Padangsidimpuan
  • Eko Indrawan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837

Keywords:

Evaluasi, CIPP, PKL

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan kejuruan saat ini memasuki fase penting, yaitu fase lulusan pendidikan kejuruan akan dipertaruhkan kesiapannya dalam percaturan tenaga kerja di wilayah regional Asia, baik dalam konteks Asean Free Trade Association (AFTA) maupun Asean Free Labor Association (AFLA).  Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksananaan Program PKL SMK. Evaluasi PKL tersebut dilihat dari aspek context, input, process, product yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKL. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desain equental Explanatory, menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (uji TCR) untuk data kuantitatif dan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan di SMK secara keseluruhan meliputi: Evaluasi context memperoleh standar skor rata-rata 83,00% baik. Evaluasi input memperoleh standar skor rata-rata 78,96% cukup. Evaluasi Process memperoleh standar skor rata-rata 68,94% cukup. Evaluasi product memperoleh standar skor rata-rata 77,89% cukup. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program PKL SMK adalah 79,09% masih dalam kategori cukup, dan perlu diperbaiki dari berbagai aspek sehingga bisa tercapainya tujuan dari PKL sebagai praktek kerja industri tercapai.

References

Aditya, F. (2013). Analisis Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XI SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9629.

Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124. DOI: https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124

Ainu, A. (2020). Evaluasi Program Praktek Industri Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK 1 Ujungbatu dengan Model Brinkerhoff. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 163–174. https://doi.org/0.23887/jipp.v4i1.24411.

Amelia Haryanti, S. H. (2022). Kiat Sukses Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Masa Pandemi COVID-19.

Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pen(7), 60–67. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340

Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches - 4th ed. SAGE Publications.

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(01), 37–53. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39.

Edyan, R., Hikmah, H., & Setiawaty, T. (2022). Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Cipp. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 8918–8924. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9770.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2022). Analisis proses pembelajaran IPA terpadu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP kecamatan sumur. Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225

Hartono, R. (2019). Mendeteksi Guru Bergairah di Era Milenial (Konsep dan Acuan dalam Meningkatkan Gairah Mengajar).

Iriani, D. S., & Soeharto, S. (2015). Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri siswa kompetensi keahlian jasa boga SMK N 3 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 274–290. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6835

Juri, A., Maksum, H., Purwanto, W., & Indrawan, E. (2021). Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidika, 5(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38439

Katili, A. O., Naway, F. A., & Lamatenggo, N. (2021). Implementasi Praktek Kerja Industri. Student Journal of Educational Management, 1–16. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i1.860. DOI: https://doi.org/10.37411/sjem.v1i1.860

Neliwati, N., Khairani, K., & Tambak, S. P. (2023). Evaluasi Pengelolaan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kelas XI SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2285–2313. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2907. DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.2907

Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 167–177. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.33011

Pambudi, A. F. (2014). Analisis Spektrum Gaya Mengajar Divergendalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpji.v10i2.5700.

Paut, M. S. (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Basic Education, 5(6), 511–517. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1238.

Pujiono, S. (2014). Kesiapan guru bahasa Indonesia SMP dalam implementasi Kurikulum 2013. Litera, 13(2). https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579

Rizka, M. A., & Tamba, W. (2019). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Aplikasi IPTEK, 2(1). https://doi.org/10.36002/jpd.v2i1.561.

Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1949.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2021). Menjadi Pendidik Profesional.

Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86

Susana, N. (2016). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(6). https://doi.org/10.33369/mapen.v10i6.1314.

Siregar, N., & Manurung, S. L. (2020). Pengaruh Blended Learning terhadap Kreativitas Mahasiswa Calon Guru di Universitas Negeri Medan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.485. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.485

Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/ jp2f.vv9i2.3183. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183

Sugiyanto, S., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4558

Yumaroh, Y., Lestari, W., & Masrukan, M. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4398.

Yusuf, A. M. (2014). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1st ed.). Kencana.

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Juri, A., Alexsandra, A., Purwanto, W. ., & Indrawan, E. . (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Gender and Society Journal, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.49837

Issue

Section

Articles