Evaluasi Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada SDN Mangunjaya 01 Bekasi

Authors

  • Mutiara Purnama Ramadhanti a:1:{s:5:"en_US";s:85:"Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta, Indonesia";}

Keywords:

CIPP, Daring, Evaluasi, Luring, Pendidikan

Abstract

Pendidikan jarak jauh akibat dari adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak positif yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pembelajaran jarak jauh masih memiliki infrastruktur yang belum memadai dan belum memberikan hasil pembelajaran yang efisien di masa depan. Salah satu Sekolah Dasar yang menerapkan pembelajaran daring di Bekasi adalah SDN Mangunjaya 01. Pembelajaran daring yang merepresentasikan pembelajaran masa depan perlu dikaji lebih lanjut apabila akan diterapkan pada SDN Mangunjaya 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan model CIPP. Sampel penelitian dipilih dengan random sampling yaitu 200 responden yang terdiri dari siswa, orang tua/wali murid, dan guru SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari pengisian kuisioner oleh responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi dinilai kurang maksimal. Hal ini dikarenakan interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa masih sangat minim. Selain itu, proses pembelajaran online masih didominasi oleh pemberian instruksi melalui pesan di sosial media Whatsapp, hal tersebut dapat menurunkan minat siswa untuk belajar. Sementara itu, SDN Mangunjaya 01 Bekasi memiliki sumber daya guru yang berkualitas, sehingga seharusnya tidak sulit bagi sekolah untuk menciptakan strategi pembelajaran secara daring.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE).

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, M. (2017). Interaksi guru, murid, dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan belajar di MI Nahdatul Wathan Sekunyit Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Budiman, J. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di Indonesia selama masa pandemi Covid-19.

Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). (20245359) SD NEGERI MANGUNJAYA 01. Retrieved from Sekolah Kita: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/00e49612-2cf5-e011-a850-a33fdde1f9a9

Kumar, A., Sarkar, M., Davis, E., Morphet, J., Maloney, S., Ilic, D., & Palermo, C. (2021). Impact of the COVID-19 pandemic on teaching and learning in health professional education: a mixed methods study protocol. BMC Medical Education.

Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Islamic Education Journa.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. UNIDA Gontor Journaks.

Mukucha, T. (2020). Is online learning the future of education?

Mulyana, Musfah, J., Siagian, N., Basid, A., Saimroh, Sovitriana, R., . . . Oktavian, C. N. (2017). Pembelajaran jarak jauh era Covid-19. Jakarta: LITBANGDIKLAT PRESS.

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., & Obafemi, F. A. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education . Journal of Education and Practice.

Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19 pandemi Covid-19. Jurnal Taman Vokasi .

Rizaldy, M., Miru, A. S., & Suhardi, I. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 2 Gowa Melalui Pendekatan Kualitatif.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).

Published

2022-07-10

How to Cite

Ramadhanti, M. P. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) pada SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/49838

Issue

Section

Articles