Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.49838Keywords:
CIPP, daring, evaluasi, luring, pendidikanAbstract
Pendidikan jarak jauh akibat dari adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak positif yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pembelajaran jarak jauh masih memiliki infrastruktur yang belum memadai dan belum memberikan hasil pembelajaran yang efisien di masa depan. Salah satu Sekolah Dasar yang menerapkan pembelajaran daring di Bekasi adalah SDN Mangunjaya 01. Pembelajaran daring yang merepresentasikan pembelajaran masa depan perlu dikaji lebih lanjut apabila akan diterapkan pada SDN Mangunjaya 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Penelitian menggunakan metode deskriptif evaluatif dengan model CIPP. Sampel penelitian dipilih dengan random sampling yaitu 200 responden yang terdiri dari siswa, orang tua/wali murid, dan guru SDN Mangunjaya 01 Bekasi. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari pengisian kuisioner oleh responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring di SDN Mangunjaya 01 Bekasi dinilai kurang maksimal. Hal ini dikarenakan interaksi antara guru dan siswa atau siswa dengan siswa masih sangat minim. Selain itu, proses pembelajaran online masih didominasi oleh pemberian instruksi melalui pesan di sosial media Whatsapp, hal tersebut dapat menurunkan minat siswa untuk belajar. Sementara itu, SDN Mangunjaya 01 Bekasi memiliki sumber daya guru yang berkualitas, sehingga seharusnya tidak sulit bagi sekolah untuk menciptakan strategi pembelajaran secara daring.
References
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308–318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512.
Budiman, J. (2021). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di indonesia selama masa pandemi covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074
Cindrakasih, R. (2021). Dampak COVID-19 Terhadap Sosial Budaya Dan Gaya Hidup Masyarakat. Jurnal Public Relations, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.385. DOI: https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.385
Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Jurnal Pemikiran Islam, 1–23. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.1665.
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara
Gintings, A., & Si, M. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.
Halida, U. M. (2021). Manajemen Risiko di Era Covid-19 Terhadap Ekonomi di Indonesia. Journal of Sharia Management and Business, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.19105/mabny.v1i01.4628. DOI: https://doi.org/10.19105/mabny.v1i01.4628
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara
Irawan, E., Arif, S., Hakim, A. R., Fatmahanik, U., Fadly, W., Hadi, S., ... & Aini, S. (2020). Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing.
Krismaroca, A. D., & Nasution, R. D. (2021). Sikap Pemerintah Ponorogo Dalam Pemberian Efek Jera Terhadap Masyarakat Pasca Uji Coba “New Normal.” Jurnal Ilmu Pemerintahan, 14(1), 46–53. https://doi.org/10.31947/jgov.v14i1.12928. DOI: https://doi.org/10.31947/jgov.v14i1.12928
Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33-39. https://uit.e-journal.id/JPE/article/view/931. DOI: https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931
Mubarok, R. (2021). Perpustakaan Digital Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Rabwah, 15(1), 16–25. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.72. DOI: https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.72
Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Al Masjid, A., Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109–120. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262. DOI: https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137–146. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
Pratama, S. (2019). Analisa pengaruh sumberdaya manusia, prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja studi pada pegawai universitas pembangunan panca budi medan. Jumant, 11(1), 235–250. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/516/488.
Saleha, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Etos Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Bina Marga Propinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 4(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6566.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2). https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i2.830.
Syarifuddin, S., Ilyas, J. B., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan & Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Dikota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2). https://doi.org/10.37531/biemr.v1i2.102.
Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318). https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.