Persepsi Mahasiswa terhadap Sistem Pembelajaran yang Berbasis E-Learning pada Perkuliahan Praktik
Keywords:
Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran E-Learning, Perkuliahan PraktikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning secara synchronous dan asynchronous pada perkuliahan praktik, serta mendeskripsikan kesulitan dan kemudahan bagi mahasiswa saat mengikuti perkuliahan praktik dengan sistem pembelajaran e-learning. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian mahasiswa Program Studi PKK (Pendidikan Tata Busana) angkatan 2019 dan 2020 yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2021 sebanyak 161 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning pada perkuliahan praktik dengan mean = 161,37 termasuk kategori cukup bagus. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning pada perkuliahan praktik terdiri dari empat indikator yaitu, pembelajaran e-learning secara synchronous dengan skor 75,60% termasuk kategori tinggi, pembelajaran e-learning secara asynchronous dengan skor 76,83% termasuk kategori tinggi, kesulitan yang ditemui mahasiswa dengan skor 54,93% termasuk kategori cukup dan kemudahan yang ditemui mahasiswa dengan skor 76,83% termasuk kategori tinggi.
References
Ali, Mohammad dan Asrori, Muhammad. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Anhusadar, La Ode. 2020. “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19”. Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1):44-58.
Anis Chaeruman, Uwes. 2020. “Ruang Belajar Baru dan Implikasi terhadap Pembelajaran di Era Tatanan Baru”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (1):142-153.
Aqib, Zainal dan Hasan Rasidi, Mohammad. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Arianto, Fajar dkk. 2020. “Model Penerimaan dan Pemanfaatan Teknologi : E-Learning di Perguruan Tinggi”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8 (1):110-121.
Aziez, Furqanul, dkk. 2020. Ensiklopedia Pendidikan Indonesia. Depok: Rajawali Pers.
Darliah, Lili. 2016. “Pengaruh Kualitas Informasi dan Penggunaan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY dengan Motifasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5 (2):150-157.
Fakultas Pariwisata dan Perhotelan. 2016. Buku Panduan Penulisan Tugas Akhir Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP. Padang:Universitas Negeri Padang.
Feni Ayu Vivian, 2021. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistika Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Jambi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Indrawan, Irjus. 2014. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Metode E-Learning. Jurnal Al-Afkar, 3 (2):68-83.
Karwati, Euis. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa”. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17 (1):41-54.
Mustofa, Zainul. 2019. “Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep siswa tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7 (1):14-29.
Mutia, Intan & Leonard. 2013. “Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di perguruan Tinggi”. Jurnal Faktor Exacta, 6 (4):278-289.
Nadziroh, Faridatun. 2017. “Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning”. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (JIKDISKOMVIS), 2 (1):1-14.
Riduwan. 2020. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rusli, Muhammad, dkk. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ryan Suganda, Handika. 2016. “Persepsi Siswa Mengenai Media pembelajaran dalam Proses Pembelajaran di SMK-SPMA Negeri H.Moenadi”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Saifuddin, Much. Fuad. 2017. “E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa”. Jurnal Varia Pendidikan, 29(2):102-109.
Sudijono, Anas. 2019. Pengantar Statisk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafiardi. 2005. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning”. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4):23-43.
Wahyuni, Dwi. 2019. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi terhadap Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Makassar’. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.