Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran E-Learning pada Perkuliahan Praktik

Authors

  • Dian Zuliatul Fitri Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Departemen Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri
  • Ernawati Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Departemen Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.51008

Keywords:

Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran E-Learning, Perkuliahan Praktik

Abstract

Sesuai kondisi dan situasi akibat pandemi Covid 19 maka dunia pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi mengganti sistem pembelajaran yang awalnya offline atau tatap muka menjadi online / daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning secara synchronous dan asynchronous pada perkuliahan praktik serta mendeskripsikan kesulitan dan kemudahan yang ditemui mahasiswa saat mengikuti perkuliahan praktik dengan sistem pembelajaran e-learning. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Konsentrasi Pendidikan Tata Busana angkatan 2019 dan 2020 yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2021 yang berjumlah 161 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Analisis data dengan analisis deskriptif dengan perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning pada perkuliahan praktik dengan mean = 161,37 termasuk dalam kategori cukup bagus diterapkan melalui sistem pembelajaran daring (online). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning pada perkuliahan praktik terdiri dari empat indikator dengan rincian, pembelajaran e-learning secara synchronous dengan skor 75,60% termasuk kategori tinggi, pembelajaran e-learning secara asynchronous dengan skor 76,83% termasuk kategori tinggi, kesulitan yang ditemui mahasiswa dengan skor 54,93% termasuk kategori cukup dan kemudahan yang ditemui mahasiswa dengan skor 76,83% termasuk kategori tinggi.

References

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.89. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.89

Hendri, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Web Sematik Dalam Pencarían Informasi Berbasis E-Learning. Jurnal Processor, 9(3), 286–289.

Herliandry, L., Nurhasanah, N., Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayati, N. (2016). Sistem E-Learning Untuk Meningkatkan Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus Pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Telematika Mkom, 2(2), 153–170. https://doi.org/10.36080/telematikamkom.171.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/ anuva.4.2.231-240. DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Kuryanti, S. J. (2016). Rancang Bangun Sistem E-Learning sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1). https://doi.org/10.31294/jki.v4i1.1260.

Lubis, M. S. I. (2021). Teknologi informasi dan komunikasi dalam perspektif islam. Publik Reform, 8(1), 79–88. https://doi.org/10.46576/jpr.v8i1.1474.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah praktik di pendidikan vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Mulyati, S., & Nasution, K. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran berbasis E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Fahima, 1(1), 36–47. https://doi.org/10.54622/fahima.v1i1.12. DOI: https://doi.org/10.54622/fahima.v1i1.12

Muqorobin, M., & Rais, N. A. R. (2020). Analisis Peran Teknologi Sistem Informasi Dalam Pembelajaran Kuliah Dimasa Pandemi Virus Corona. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, 3(1), 157–168.

Prasanti, D. (2017). Potret Media Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Urban di Era Digital. Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(2), 149–162. https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.2.2017.149-162. DOI: https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.2.2017.149-162

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmat, I., & Ridwan, R. (2020). Implementasi Andragogi Platform E-learning pada Blended Learning di Universitas Negeri Padang. Journal of Education Technology, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24817. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24817

Raimanu, G. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso). Ekomen, 20(2), 1–9. DOI: https://doi.org/10.30998/fjik.v9i2.10506

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.

Soraya, N. (2018). Analisis persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam mengajar pada program studi PAI fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib, 4(1), 183–204. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1957. DOI: https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1957

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219. DOI: https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Fitri, D. Z., & Ernawati. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran E-Learning pada Perkuliahan Praktik. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 31–38. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.51008

Issue

Section

Articles