Media Interaktif Berbasis Google Slides untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan

Authors

  • Noviarinta Susilowati Universitas Terbuka, Banten, Indonesia
  • Rif'at Shafwatul Anam Universitas Terbuka
  • Teguh Supriyanto Universitas Terbuka, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.63980

Keywords:

Media Interaktif, Google Slides, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA di SD masih bersifat konvensional dan kurang interaktif. Hal ini menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa, terutama pada materi sistem pernapasan manusia dan hewan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang interaktif dengan  berbasis google slides yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengambangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek yang terlibat berjumlah empat orang yakni ahli media, ahli materi, pengambil kebijakan, serta siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes (tes hasil belajar) dan non tes (angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi). Instrumen pengumpul data berupa tes, angket, lembar wawancara, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol, dengan kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Google slides valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Media pembelajaran ini dapat menjadi solusi praktis untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sehingga, dengan menggunakan media ini, guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga siswa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam proses belajar.

References

Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., Asyhar, A. D. A., & others. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik) (Efitra & Sepriano (eds.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=luKwEAAAQBAJ.

Anam, K., & Yahya, M. S. (2021). Inovasi Guru dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 120–127. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2090.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Guru. Abdimas Dewantara, 2(2), 107–114. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.2872.

Beta Rapita Silalahi, W. A. (2021). Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 101870 Desa Sena. Invention: Journal Research and Education Studies, 2(3), 48–56. https://doi.org/10.51178/invention.v2i3.347.

Coil, C., Hafizh, M., & Ilmi, D. (2023). Pendidikan Dan Strategi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 516–521. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.191.

Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.732.2020.

Ernal Nofiandri. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 661–673. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560768.

Firinta Togatorop, Daulat Nathanael Banjarnahor, & Doris Yolanda Saragih. (2022). Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.232.

Hafizh, M., Hidayat, Y. N., & Arifmiboy, A. (2023). Konsep Desain Pengembangan Kurikulum dan Relevansinya pada Pendidikan Islam. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 600–606. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.192.

Hani, M., Karlimah, & Apriani, I. F. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. Syntax Idea, 6(3), 2548–1398. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v6i3.3109.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192.

Kurniawan, H., & Haniva, N. N. (2022). Pembuatan Animasi 2D “Ngreksa Budaya” Menggunakan Teknik Frame By Frame Dan Motion Graphic. Respati, 17(3), 13. https://doi.org/10.35842/jtir.v17i3.474.

Lestari, D. A. A., Suntari, Y., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google Slide Pada Muatan Ips Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 54–65. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p54-65.

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154.

Paleta, D. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Tempilang. Journal on Teacher Education, 4(2), 241–251. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7909.

Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247.

PW, P. W. (2022). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 174–184. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.692.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.

Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Poster Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Insiru PAI, 7(2), 438–449. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i2.16903.

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., Wibowo, S. E., & others. (2023). Pendidikan Multimedia: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0 (Efitra & Sepriano (eds.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=7YjhEAAAQBAJ.

Sulistiyowati, Y. E., Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google slide dan Quizizz dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kubu. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 143–155. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.26.

Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Digital Activity Work Book Menggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42.

Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427.

Weldami, T. P., & Yogica, R. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4063.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (RnD). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. https://books.google.co.id/books?id=k8j4DwAAQBAJ.

Zarkasi, & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Pendidikan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1929.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Noviarinta Susilowati, Rif’at Shafwatul Anam, & Teguh Supriyanto. (2023). Media Interaktif Berbasis Google Slides untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.63980

Issue

Section

Articles