PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN

Authors

  • Noviarinta Susilowati Universitas Terbuka
  • Rif'at Shafwatul Anam Universitas Terbuka
  • Teguh Supriyanto Universitas Terbuka

Keywords:

Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan agar lebih interkatif dan cenderung tidak monoton, Media pembelajaran dapat diintegrasikan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Media pembelajaran yang dikembangkan berbasis google slides dapat menjadi salah satu solusi menciptakan media pembelajaran yang interaktif. Google slide merupakan aplikasi presentasi digital yang berguna untuk membuat, menyimpan dokumen agar mencegah kerusakan atau kehilangan buku ajar yang dimiliki. Dengan bantuan google slide, presentasi lebih menarik, interaktif dan materi pelajaran yang di sampaikan mudah dipahami siswa. Multimedia Interaktif adalah suatu program pembelajaran yang berisi campuran teks, grafik, gambar, suara, video, simulasi, dan animasi secara terpadu dengan berbantukan perangkat komputer untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dengan pengguna dapat berinteraksi dengan program.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang interaktif dengan berbasis Google slide yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengambangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpul data berupa tes, angket, lembar wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis Google slides telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa yang diberikan perlakuan menggunakan media interaktif berbasis Google slide lebih baik daripada siswa yang tidak diberikan perlakuan menggunakan media interaktif berbasis Google slide. Data lain ditunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata keaktifan siswa yang termasuk dalam kategori aktif, artinya keaktifan siswa kelas eksperimen meningkat.

References

Agustina, I., Astuti, D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis. Abdimas Dewantara, 2(2), 107–114.

Dahliana, Dina, and Pio Anggraini. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Reciprocal Teaching Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 14(1): 79–88.

Dewi, R. K. (2019). Pengembangan Media 3 Dimensi (3D) Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Universitas Terbuka.

Halimah, A., & Andi Mattoliang, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based Interactive Learning Media (Vol. 2, Issue 1). Online.

Kumala, F. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Ediide Infografika.

Lestari, D., Suntari, Y., & Soleh, D. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google slide Pada Muatan IPS Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas IV Sekolah Dasar. ETJ (Educational Technology Journal), 1(2), 54–65.

Lestari, D., Suntari, Y., & Soleh, D. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Google slide Pada Muatan IPS Materi Sikap Kepahlawanan Dan Patriotisme Di Kelas IV Sekolah Dasar. ETJ (Educational Technology Journal), 1(2), 54–65.

Maulana Izzudin, A., & dan Agus Suharmanto, M. (2013). ASEJ 2 (2) (2013) Automotive Science and Education Journal Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej

Okadita, P. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar: Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Dan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Purnama, S. ., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sarjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (Pertama). UNY Press.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya. PT Remaja Rosdakarya.

Syafitri, R., & Kiftia, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Digital Activity Work Book”Menggunakan Google slides pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, V(2), 2614–4417.

Wibawa, B., Mahdiyah, & Afgani, J. (2019). Metode Peneltian Pendidikan. Universitas Terbuka.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zakariah M, A., & Afriani, V. (2020). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.

Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 169–188.

Published

2023-06-22

How to Cite

Noviarinta Susilowati, Rif’at Shafwatul Anam, & Teguh Supriyanto. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SLIDE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN . Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/63980

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.