Tinjauan Kritis Kurikulum Merdeka: Perspektif Beragam dan Solusi Implementatif
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Perspektif, Solusi ImplementatifAbstract
Kurikulum Merdeka, sebagai terobosan terbaru dalam pendidikan Indonesia, menjanjikan pendekatan pembelajaran yang inklusif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan zaman. Namun, dalam implementasinya, kurikulum ini dihadapi berbagai tantangan yang memerlukan perhatian serius dari semua pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa meskipun ada pandangan positif dari pendidik terkait dengan potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, kesiapan guru dalam mengadopsi pendekatan baru menjadi kendala utama yang perlu diatasi. Di sisi lain, pandangan siswa dan orang tua juga berperan penting dalam keberhasilan implementasi kurikulum ini. Kendala teknis dan infrastruktur menjadi hambatan serius, terutama di daerah pedesaan, menghambat pencapaian tujuan kurikulum secara menyeluruh. Solusi implementatif yang diperlukan meliputi peningkatan investasi dalam infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, serta kerja sama erat antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Dengan demikian, artikel ini menyimpulkan bahwa sementara Kurikulum Merdeka menjanjikan perubahan positif dalam pendidikan Indonesia, upaya bersama dari semua pihak diperlukan untuk mengatasi tantangan dan mewujudkan visi Kurikulum Merdeka yang inklusif, inovatif, dan merdeka.
References
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Yeni Yuniarti, Tri Falah, and Nur Huda. 2021. “Mixed Reality (MR) Dalam Pembelajaran Folklor Dalam Perspektif Guru Dan Siswa Sekolah Dasar.” 6(1):1060–68.
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, and Dede Indra Setiabudi. 2022. “Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1(2):42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Aprima, Aprima, Desy Desy, and Sasmita Sari. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1):95–101.
Chrismastianto, Imanuel A. W., I. Wayan Lasmawan, I. Gusti Putu Suharta, and I. Wayan Kertih. 2023. “Kajian Hakikat, Tujuan, Dan Aliran Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum MBKM.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 13(3):202–9. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i3.p202-209.
Dahlan, Sabaruddin, Rita Sari, and Rosnidar Mansor. 2019. “Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan Tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Matematika SD.” Suska Journal of Mathematics Education 5(1):9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318.
Efendi, Pitri Maharani, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. 2023. “Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(2):548–61. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487.
Heryanti, Yan Yan, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. 2023. “Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa Di Sekolah Dasar : Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(3):1270–80. https://doi.org/ 10.31949/jee.v6i3.6118.
Kardiyem, Siti Mukoyimah, and Mansyur Arsyad. 2023. “Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tinjauan Filosofis Dari Perspektif Filsafat Pendidikan Barat Dan Timur Serta Realitasnya.” Jurnal Filsafat Indonesia 6(2):291–302. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.57668.
Krisnanik, Erly, Qinthara Saphira, and Intan Hesti Indriana. 2021. “Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan.” Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer) 5:138–42.
Lestari, Nyoman Ayu Putri, I Made Sutajaya, and I Wayan Suja. 2024. “Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Konsep Tri Hita Karana.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 11(1):139–51. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2389.
Lestari, Sevi. 2022. “Kajian Konsep Merdeka Belajar Dari Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(4):1349–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5478.
Maulida, Utami. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Jurnal Tarbawi 5(2):130–38.
Nadhiroh, Syifaun, and Isa Anshori. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1):56–68. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292.
Nopilda, Lisa, and Muhammad Kristiawan. 2018. “Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 3(2):216–31.
Novita, Esa. 2022. “Praktik Pembelajaran Inovatif Guru Penggerak Di SDN Inpres Tenga.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 2(2):190–201.
Prabandari, Anung Siwi. 2020. “Impelementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2(1):68–71.
Rai, Ida Bagus, I. Made Sila, Ida Bagus Brata, and I. Made Sutika. 2022. “Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global.” Mimbar Ilmu 27(3):417–25. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307.
Setiawan, Rahmat, Nukmatus Syahria, Ferra Dian Andanty, and Salim Nabhan. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya.” Jurnal Gramaswara 2(2):49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.
Sidiq, U., and M. Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.
Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. 2020. “Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1(1):141–57. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13.
Yanti, Marlina Yosi, Sri Yomila Putri, Mega Darma Yani, and Hendrizal. 2024. “Kompetensi Profesional Guru Penggerak Dalam Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1):1212–21. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12830.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.