PENENTUAN KADAR LEMAK PADA FESES IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) DENGAN METODE GRAVIMETRI MENGGUNAKAN PELARUT METANOL – KLOROFORM

Authors

  • I Made Gunamantha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijacr.v2i2.28748

Keywords:

Kadar Lemak, Gravimetri, Pelarut Metanol - Kloroform

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan kadar lemak yang terdapat pada feses ikan kerapu macan, (2) mengetahui pengaruh variasi formulasi pakan terhadap kadar lemak pada feses ikan tersebut, dan (3) mengetahui pengaruh kondisi lingkungan, terutama suhu air terhadap kadar lemak pada feses ikan bersangkutan. Subjek penelitian ini adalah ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) yang diperoleh dari Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut Gondol-Bali dan objek penelitiannya adalah kadar lemak pada feses ikan tersebut. Kadar lemak ditentukan dengan metode gravimetri menggunakan pelarut campuran metanol-kloroform (1:1). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) kadar lemak dalam feses ikan kerapu macan berkisar antara 3,51 – 13,36 % pada pagi hari, dan 5,90 – 16,40 % pada siang hari, (2) variasi formulasi pakan yang diberikan sangat menentukan besar kecilnya kandungan kadar lemak dalam feses ikan tersebut, dan (3) perubahan kondisi lingkungan, yaitu peningkatan suhu air menyebabkan tingginya kandungan  kadar lemak dalam feses ikan bersangkutan.

 

References

Abbas, S. D. 1995. Pakan Ikan Alami.Cetakan pertama. Yogyakarta: Kanisius.

Arifin. 2002. Pengaruh Kadar Asam Lemak N-3 HUFA yang Berbeda pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelulushidupan Juvenil Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Day, Jr. R. A. and Underwood, A. L. 1996. Analisis Kimia Kuantitatif. Terjemahan A. H. Pudjaatmaka. Quantitative Analysis. Cetakan ketiga. Jakarta: Erlangga.

Koesharyati, I. et. al. 2001. Penuntun Diagnosa Penyakit Ikan II. Balai Penelitian Laut Gondol.

Lanrida, M. 2002. Pengaruh Pemberian Pakan Buatan dengan Kandungan N-3 HUFA Berbeda Terhadap Pertumbuhan Juvenil Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus). Laporan Kerja Praktik Lapangan. Sekolah Tinggi Perikanan.

Makatutu, D. 2001. “ Pengaruh Sumber Lemak Terhadap Pematangan Gonad dan Pemijahan Ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus coiodes)”. Makalah disampaikan dalam Lokakarya Teknologi Budidaya Laut dan Pengembangan Sea Farming di Indonesia, Puslitbang Eksplorasi Laut dan Perikanan, Jakarta 25 Januari 2001.

Mudjiman, A. 1984. Makanan Ikan. Jakarta: Swadaya.

Sarida, M. 2005. Pembenihan dan Pembesaran Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) di Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut Gondol – Bali. Laporan Praktik Kerja Lapang. Program Studi Teknologi dan Manejemen Akuakultur, Institut Teknologi Bogor.

Triastini, Ni G. K. 2003. Pengaruh Kandungan Vitamin C L-Ascorbyl-2-Phosphat Magnesium (APM) yang Berbeda pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus). Skripsi. Jurusan Perikanan, Universitas Haluoleo Kendari.

Downloads

Published

2020-09-25

Issue

Section

Articles