PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Authors

  • I Kadek Agus Mustika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Polya dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Polya pada siswa kelas V SD di Gugus I Airlangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Airlangga Kecamatan Mendoyo yang berjumlah 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 183 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan menghitung mean, median, dan modus, serta analisis statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t (polled varians). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Polya dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Polya.

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

Mustika, I. K. A., & Riastini, P. N. (2017). PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11897

Issue

Section

Articles