PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11897Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Polya dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Polya pada siswa kelas V SD di Gugus I Airlangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Airlangga Kecamatan Mendoyo yang berjumlah 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 183 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan menghitung mean, median, dan modus, serta analisis statistik inferensial yaitu menggunakan uji-t (polled varians). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Polya dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Polya.Downloads
Published
2017-02-13
How to Cite
Mustika, I. K. A., & Riastini, P. N. (2017). PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. International Journal of Community Service Learning, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i1.11897
Issue
Section
Articles
License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.