MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK REMAJA PENGGIAT LITERASI MEDIA MELALUI EDUKASI DAN FASILITASI TEKNOLOGI

Authors

  • Rila Setyaningsih
  • Abdullah Abdullah
  • Nur Aini Shofiya Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i2.12096

Abstract

Kegiatan literasi media yang lebih massif sangatlah penting dilakukan. Berdasarkan pengamatan di lapangan oleh tim pengabdian, kegiatan literasi media masih menemui beberapa kendala terkait minimnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pelaksanaan literasi media itu sendiri. Di sisi lain perlu adanya penggiat literasi media yang mampu membuat sebuah sistem sehingga kegiatan literasi media dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan berkelanjutan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, tim pengabdian telah merancang strategi dengan membentuk kelompok remaja penggiat literasi media yang terdiri dari para mahasiswa di Karesidenan Madiun (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo). Langkah selanjutnya berupa edukasi tentang literasi media dalam bentuk TOT (training of trainers) dan fasilitasi teknologi. Dengan terbentuknya kelompok tersebut, diharapkan kegiatan literasi media dapat berjalan lebih massif, berkelanjutan, dan terkontrol. Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) terbentuknya kelompok penggiat literasi media, (2) Literasi media lebih dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat semakin cerdas dalam bermedia. Hasil dari kegiatan ini berupa terbentuknya kelompok remaja penggiat literasi media di Karesidenan Madiun yang kegiatannya melakukan sosialisasi literasi media di berbagai sekolah dan kelompok masyarakat.

Downloads

Published

2017-10-24

How to Cite

Setyaningsih, R., Abdullah, A., & Asy’ari, N. A. S. (2017). MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK REMAJA PENGGIAT LITERASI MEDIA MELALUI EDUKASI DAN FASILITASI TEKNOLOGI. International Journal of Community Service Learning, 1(2), 101–103. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i2.12096

Issue

Section

Articles