IbM Guru: Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika dan Bahasa

Authors

  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Candra Hadi Asmara Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12594

Abstract

Khikmiyah (2016) menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh para guru khususnya guru matematika tentang literasi sangat rendah. Meskipun demikian, sebagian besar guru menyatakan bahwa kemampuan literasi memiliki peranan penting bagi peserta didik. Selain itu, referensi berbahasa Indonesia yang digunakan untuk mendukung tercapainya literasi sangat terbatas. Agar siswa memiliki kemampuan literasi yang baik maka kemampuan ini harus diasah dan dilatih sejak dini. Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk melatih literasi siswa sejak dini yaitu melalui guru. 

Program yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian IbM ini adalah menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan buku ajar literasi matematika dan bahasa untuk guru SD/MI. Tujuan jangka panjang dari kegiatan ini adalah menyebarluaskan literasi matematika dan bahasa, peningkatan pengetahuan dan kemampuan literasi guru dan siswa di sekolah dasar dan menengah serta tersedianya buku ajar literasi untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Adapun target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya buku ajar literasi matematika dan bahasa untuk siswa SD/MI.

Hasil dari kegiatan ini yaitu; (1) Buku ajar literasi matematika dan Bahasa untuk Siswa kelas 5 SD/MI (2)Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang literasi, (3).Meningkatnya kesadaran guru tentang pentingnya literasi bagi peserta didik, (4).Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang model penelitian pengembangan khususnya model ADDIE, (5). Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang teknik penulisan buku.

References

Freudenthal, H. (1991). ‘Revisiting Mathematics Education:China Lectures’. Dordrecht, The Netherland : Kluwer Academics Publisher.

Gravemeijer,K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht : Freudenthal Institute.

Hayat, dkk. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Khikmiyah, Fatimatul (2016). Pengembangan buku ajar Literasi Matematika Untuk Pembelajaran di SMP. Jurnal Silogime:Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya Vol 1 No. 2 Desember. ISSN : 2527-6182

Margono, S.(2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta

Meyer, Katrina A. (2003). "Face-to-face versus threaded discussions: The role of time and higher-order thinking" dalam Journal of Asynchronous Learning Networks.7(3): 55-65.

Moedjiono, Dimyati Moh, dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment And Analytical Framework:Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing.

Saputro, Suprihadi, dkk. (2000). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas

Downloads

Published

2017-12-14

How to Cite

Khikmiyah, F., Asmara, C. H., & Bakhtiar, A. M. (2017). IbM Guru: Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika dan Bahasa. International Journal of Community Service Learning, 1(3), 109–117. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12594