Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1

Choirul Amri, Wahyu Widyantoro

Abstract


Perubahan perilaku dapat dilakukan melalui kebiasaan yang  dipraktikan sejak usia dini. Pembelajaran bagi anak usia dini merupakan  tahapan penting untuk pembisaan perilaku. Perilaku hidup sehat dan bersih melalui pengalaman belajar melalui pemberian contoh dan melalukan pembiasaan.Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini melalui pemilahan sampah di TK Imbas 1 (TK ABA Trini) Trihanggo, Gamping, Sleman. Kegiatan ini menggunakan metode demontrasi dan praktik memilah sampah. Diharapkan melalui kegiatan ini anak-anak TK Imbas 1 (TK ABA Trini) mampu mengenal dan mempraktikan memilah sampah pada tempat pemilah sampah.Praktik pemilahan sampah ini dengan pengenalan jenis sampah kepada Murid TK Imbas 1 (TK ABA Trini), hasil kegiatan ini mampu meningkatkan kebisaan anak-anak dalam menempatkan sampah pada tempat pemilah sampah.Pendekatan perilaku hidup sehat dapat dapat dilakukan sejak usia dini, pengalaman pemilahan sampah sejak dini ini akan memberikan pengalaman perilaku hidup sehat dan bersih sejak dini.

 


Full Text:

PDF

References


Gunarsa, S. . (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Nasih, W. . (2010). Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan di Sekolah, Pelatihan Pengembangan Sekolah Hijau untuk guru-guru SMK RSBI se-DIY. LPPM UGM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Provinsi DIY.

Purnomo, R., Herawati, L., & Amri, C. (2017). Penggunaan Tempat Sampah Bermotif Terhadap Perilaku Buang Sampah pada Tempatnya Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Argomulyo, Sedayu, Bantul. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(3), 101–105. http://journalsanitasi.keslingjogja.net/index.php/sanitasi/article/view/16/16

Yogyakarta, P. D. . (2014). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) nomor 21 tahun 2014, tentang Pedoman Penanganan sampah, perizinan usaha pengelolaan sampah, dan Kompensasi Lingkungan. Pemda DIY.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12598

Article Metrics

Abstract view : 975 times
PDF file view : 1040 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.