Mengapa Skenario Pembelajaran Perlu Pendidikan Karakter?

Tri Yuni Hendrowati, Ari Suningsih

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan bantuan keilmuan kepada guru SMP Negeri 25 Bandar Lampung dalam menyusun skenario pembelajaran yang memuat pendidikan karakter selain muatan inti lainnya yaitu pengetahuan dan ketrampilan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan selama empat kali pertemuan dengan peserta sebanyak 25 orang guru. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Praktik lapangan implementasi skenario pembelajaran yang menerapkan pendidikan karakter oleh guru peserta pengabdian, menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh temuan sebagai berikut: 1) Guru SMP Negeri 25 Bandar Lampung sebagai peserta pengabdian kepada masyarakat menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi; 2) Para peserta dapat mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter kedalam skenario pembelajaran yang disusunnya; 3) Para peserta dapat mengimplementasikan skenario pembelajaran yang disusun dalam kegiatan belajar mengajar; 4) Perubahan karakter peserta didik yang mencerminkan budaya bangsa Indonesia merupakan dampak posistif, dari skenario pembelajaran yang diimplementasikan.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Permendikbud No. 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Thomas Lickona. (1991). Educating For Character.New York: Bandung

Mulyatiningsih, E. (2010). The Analysis of Character Education Models for Children, Adolescents and Adults. Ft Uny, Hal: 1–18.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol1(1). Hal: 47-58

Miftahudin. (2010). Implementasi pendidikan karakter di SMK Roudlotul Mubtadiin. Makalah disampaikan dalam seminar nasional: Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa di Tingkat Satuan Pendidikan, Balitbang Kemendiknas, Tanggal 28-29 Agustus 2010.

Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2003). CEP’s Eleven principles of effective character education. Washington, DC: Character Education Partnership.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.12889

Article Metrics

Abstract view : 2043 times
PDF file view : 23830 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.