Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran Propinsi Lampung

yunni arnidha, ana istiani

Abstract


Kurikulum 2013 dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pengabdian kepada masyarakat ini ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi guru-guru SD  di Kecamatan Negerikaton dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Metode dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan guna menyelesaikan permasalahan yang melibatkan guru guru SD berupa workshop pelatihan, pendampingan dan implementasi kurikulum 2013. Pelatihan yang diberikan kepada guru-guru untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kurikulum 2013. Selanjutnya guru-guru mendapatkan pendampingan langsung oleh tim dalam pembuatan RPP, pengelolaan penilaian dan pembuatan soal High Order Thinking Skill (HOTS). Hasil dari pendampingan kegiatan tersebut yang berupa RPP, pembuatan soal HOTS, dan pengelolaan penilaian Kurikulum 2013 diimplementasikan pada pembelajaran di kelas dengan didampingi oleh tim sebagai observer terkait implementasi kurikulum 2013. 

 

Kata Kunci: kurikulum, rpp, penilaian, High Order Thinking Skill (HOTS)


Full Text:

PDF

References


Hill, M. and Hupe P. 2009. Implementing Pu- blic Policy. California: Sage Publication. Inc.

Katuuk, Deitje Adolfien. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Pe- nguatan Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXIII, No. 3, hlm

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Nurkhan. (2016). Penilaian Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan Bagi Guru Sekolah, Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1).p-ISSN: 2087-9385 e-ISSN: 2528-696X http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE

Rusman. (2015). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.12904

Article Metrics

Abstract view : 755 times
PDF file view : 1593 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.