RESEARCH GROUP BERBASIS LESSON STUDY PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU KKG GUSEK 2 TENGGARANG KABUPATEN BONDOWOSO

fajar surya hutama

Abstract


Hasil wawancara kepada beberapa anggota KKG GUSEK 2 Tenggarang menunjukkan bahwa hanya beban tugas melaksanakan pembelajaran yang dapat dilaksanakan secara optimal oleh guru, sedangkan untuk tugas PKB tentang pelaksanaan PTK dan publikasi ilmiah masih banyak terdapat permasalahan yang membutuhkan adanya solusi. Guru jarang, dan bahkan terdapat guru yang tidak pernah melakukan PTK. Alternatif solusi penyelesaian persoalan yang dihadapi mitra adalah program kegiatan Research Group berbasis Lesson Study Pembelajaran. Lesson Study adalah bentuk kegiatan untuk peningkatan kualitas pembelajaran dengan model kegiatan Plan, Do, See (refleksi). Target luaran dari pelaksanaan pengabdian ini: (1) Mengembangkan strategi pembelajaran inovatif; (2) Hasil PTK yang Berkualitas; (3) Peningkatan Soft Skill dalam Publikasi Ilmiah. Metode pelaksanaan program pengabdian bagi Dosen Pemula ini adalah pelatihan, pembimbingan, tugas mandiri, dan praktek penelitian di kelas. Secara terperinci kegiatan bagi Guru: (1) Identifikasi Kompetensi Guru; (2) Workshop Prapenelitian Pendidikan; (3) Pendampingan kegiatan Plan; (4) Pendampingan Pelaksanaan PTK Tahap Do; (5) Pendampingan Tahap See atau Refleksi Pembelajaran; (6) Pendampingan Analisis data Penelitian dan Penulisan Laporan PTK; dan (7) Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan 2 tahap dengan peserta pada tahap I adalah 32 orang (57,14%), sedangkan pada tahap II adalah 38 orang (67,86%) dengan jumlah total guru 56 orang. Target dalam kegiatan ini secara keseluruhan tercapai dengan baik, yaitu hampir 75% peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sudah memiliki laporan yang mana masih membutuhkan bimbingan lanjutan untuk semakin menyempurnakan laporan yang sudah dibuat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.13832

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF file view : 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.