Studio Perancangan Arsitektur Tapak: Penataan Kawasan Seni Dan Budaya Hutan Kota Sanggabuana - Jakarta Selatan

Authors

  • Muhammar Khamdevi

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.13936

Abstract

Permasalahan mengapa tidak efektifnya tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen dan mahasiswa adalah bahwa tiap-tiap kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat berjalan sendiri-sendiri. Di sisi yang lain metode pembelajaran di perguruan tinggi umumnya masih satu arah dan tidak berbasis riset, sehingga pemahaman mahasiswa terhadap materi dan juga terhadap kondisi nyata tidak dapat tercapai. Program Studi Arsitektur Universitas Matana mencoba mengintegrasi ketiga tridharma dengan menerapkan metode Research Based Teaching and Learning (RBTL) dan Service Learning (SL). Studi kasus penelitian ini adalah tugas studio “Penataan Kawasan Seni dan Budaya Hutan Kota Sanggabuana” dalam mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur Tapak. Bagaimanakah keberhasilan pelaksanaan studio ini dalam mengintegrasikan tridharma ke dalam mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur Tapak? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan deskripsi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dan pemahaman terhadap materi dan permasalahan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan proses pembelajaran yang positif dengan hasil yang optimal dan memuaskan klien.

References

Amir, Taufiq, 2009, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

DIKTI, 2012, UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. DIKTI: Jakarta.

Fitriana, 2014, Hubungan Pembelajaran Metode Tutorial Dengan Partisipasi dan Kemandirian Mahasiswa. Yogyakarta: STIKES Aisyiyah.

Ginting, 2008, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Khamdevi dan Wibowo, 2017, Pengaruh Pra Pengetahuan Menggambar Teknik PaKAr Terhadap Kemampuan Hand-Drawing Mahasiswa. Jurnal MArKa Vol. 1, No. 1 Agustus 2017 by Issue Date. Tangerang: Universitas Matana.

Maurice, 2010, Service Learning Handbook. North Carolina: Guilford County Schools.

Maxwell, John, 2013, How Successful People Lead. New York: Hatchette Book Group.

Rijalullah, 2013, Model Pembelajaran Tutorial Sebaya dalam Pembelajaran BTQ. Jakarta: STAINU.

Toisuta, Willi, 2012, Pembelajaran berbasis Penelitian. Jakarta: WTA. http://wta.co.id/ pembelajaranberbasis-penelitian.

Zulys, Agustino, 2012, Research-in-Lined Community Service. Jakarta: DPRM Gazette UI.

Published

2018-06-11

Issue

Section

Articles