Pelatihan Pengembangan Instrumen Tes Mata Pelajaran Matematika SMP

Authors

  • Anggit Prabowo Universitas Ahmad Dahlan http://orcid.org/0000-0002-9196-6243
  • Uus Kusdinar Universitas Ahmad Dahlan
  • Uki Rahmawati South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Qitep in Mathematics

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.14189

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada guru matematika SMP untuk mengembangkan instrumen tes matematika SMP. Peserta pelatihan ini terdiri atas 12 guru dari 4 sekolah yaitu SMP Muhammadiyah 1 Godean, SMP Muhammadiyah 1 Gamping, SMP Muhammadiyah 1 Minggir, dan SMP Muhammadiyah 2 Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Godean. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah melalui ceramah, diskusi, dan proyek. Pada kegiatan ceramah pemateri meyampaikan materi tentang teknik penambangan instrumen penilaian sesuai dengan prosedur yang baku dilanjutkan dengan diskusi. Setelah diskusi, peserta pelatihan megerjakan tugas proyek berupa menyusun instrument tes mata pelajaran matematika SMP, menganalisis secara kualitatif, mengujicobakannya, dan menganalisis berdasar data empirik. Melalui pelatihan ini peserta memeroleh keterampilan dalam mengembangkan instrument penilaian tes matematika SMP. Kegiatan ini telah menghasilkan perangkat instrument tes pilihan ganda untuk mata pelajaran matematika SMP untuk materi perbandingan, bangun datar, dan   hubungan antar sudut yang terstandar.

References

Fernandes, H. J. X. (1984). Testing and Measurement. Jakarta: Planning, Evaluation, and Development.

Freeman, A., Nicholls, A., Ricketts, C., and Coombes, L. (2010). Assessing the Feasibility of aTest Item Bank and Assessment.Clearinghouse Medical Teacher, 32(6): 464-466.

Jugar, R. R. (2013). An Inquiry on the Roles of Personal Test Item Banking (PTIB) and Table of Specifications (TOS) in the Construction and Utilization of Classroom Tests. International Journal of Education and Research, 1(12): 1-8.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Nur, A. S., Palobo, M. (2018). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi Pada Guru SD. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 5-11.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Pisowacka, M.K. (2015). The use of the Iteman program in designing a general foreign language placement test. International Journal of Scientific and Research Publications. 5(12): 537-541.

Prabowo, Anggit. (2016). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan. Medan, 3 Agustus 2016.

Prabowo, Anggit dan Astuti, Dwi. (2017). Workshop dan Pendampingan Penyusunan dan Analisis Instrumen Hasil Belajar Peserta Didik Berbasis Komputer. Prosiding Seminar Nasional ke-4 Tahun 2017 dengan Tema “Membangun Desa Menuju Indonesia Berkemajuan” ISBN: 978-979-3812-49-6, 25 Oktober 2017 di Hotel Eastparc Yogyakarta.

Prabowo, A., Sunaryo, dan Rahmawati, U. (2017). Pengembangan modul analisis butir soal Dengan menggunakan Item and Test Analysis. AdMathEdu, 7(2): 9-110.

Rosana, D. dan Setyawarno, D. (2016). Statistik Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2018-06-22

Issue

Section

Articles