Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang

Authors

  • Bintari Ratih Kusumaningrum Nursing School Universitas Brawijaya
  • Annisa Wuri Kartika
  • Ikhda Ulya
  • Muladefi Choiriyah
  • Dewi Kartikawati Ningsih
  • Efris Kartikasari

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14366

Abstract

Anak-anak merupakan usia yang rentan mengalami kecelakaan atau cedera karena keingintahuan tentang hal disekitarnya, terutama anak usia pra sekolah. Kecelakaan tersebut bisa dicegah, jika di sekolah atau dipenitipan anak hal ini bisa di cegah oleh guru atau pengasuh anak, jika di rumah bisa dicegah oleh orang tua. Pencegahan dan pertolongan pertama pada kecelakaan sangat penting dilakukan di sekolah dan di penitipan anak untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk anak-anak. Pada program ini dilakukan program safe community pada sekolah bertujuan untuk mengetahui praktik pencegahan dan P3K,serta melatih guru dalam P3K.  Metode pelaksanaan kegiatan yaitu diskusi kelompok terfokus, penyuluhan dan pelatihan P3K. Hasil yang didapatkan yaitu para guru telah melakukan praktik pencegahan dan terdapat peningkatan pengetahuan penanganan kegawatdaruratan di lingkungan sekolahnya. Adanya program ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan diri mereka serta memotivasi mereka untuk terus belajar tentang P3K dan menyamakan persepsi dengan orang tua siswa tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di sekolah.

 kata kunci : 

Pertolongan pertama pada kegawatdaruratan, guru TK, pencegahan kecelakaan, sekolah

References

Ganfure, G., Ameya, G., Tamirat, A., Lencha, B., & Bikila, D. (2018). First aid knowledge, attitude, practice, and associated factors among kindergarten teachers of Lideta sub-city Addis Ababa, Ethiopia. PLoS ONE, 13(3), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0194263

Karadag Arli, S., Professor, A., Yildirim, Z., & Senay Karadag Arli, A. (2017). The Effects of Basic First Aid Education on Teachers’ Knowledge Level: A Pilot Study. International Journal of Caring Sciences May, 10(2), 2–813. Retrieved from www.internationaljournalofcaringsciences.org

Li, F., Jiang, F., Jin, X., Qiu, Y., & Shen, X. (2012). Pediatric first aid knowledge and attitudes among staff in the preschools of Shanghai, China. BMC Pediatrics, 12, 1–8. https://doi.org/10.1186/1471-2431-12-121

Zhou, M., Zhou, S., Zhi-Hua, X., Qiong-Yue, S. (2016). Intervention to reduce injuries among student in primary and secondary schools in Xining City. Abstract. Injury Prevention. 22 (Suppl 2):A1–A397

Ibrahim, A., Sam-Agudu, N., Omaye, U., Ushie, B., Olumide, A., Omotade, O. (2016). Impact of first aid training on the first aid knowledge and skills capacity of primary school teachers in Ibadan, Nigeria. Abstract. Injury Prevention. 22 (Suppl 2):A1–A397

Khatatbeh M. First aid knowledge among University students in Jordan. Int J Prev Med 2016;7:24.

Kemenkes, 2015. Rencana strategis Kemenkes http://www.depkes.go.id/resources/download/info-publik/Renstra-2015.pdf

Lindqvist K, Timpka T, Schelp L and Risto O. Evaluation of a child safety program based on the WHO Safe Community model. Inj. Prev. 2002;8;23-26 doi:10.1136/ip.8.1.23

Spinks A, Turner C, Nixon J, McClure RJ. The ’WHO Safe Communities’ model for the prevention of injury in whole populations. Cochrane Database of Systematic Reviews 2009, Issue 3. Art.No.: CD004445. DOI: 10.1002/14651858.CD004445.pub3

Water M, Natora A, Stokes M, Kidsafe, 2009. Family Day Care Child Safety Guidelines 2009. Melbourne : Service Development Division Department of Education and Early Childhood Development

Downloads

Published

2018-08-31