Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten

Authors

  • Bahtiar Effendi Matana University

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.14635

Abstract

SMK Dharma Widya, Neglasari, Tangerang-Banten yang dipimpin oleh Triwidi Pantoro meminta agar dosen prodi S1 Akuntansi Universitas Matana dapat memberikan bimbingan dan pelatihan akuntansi bagi siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang setengah semester lalu guru pembina (kaprodi akuntansi) telah resign dan kegiatan pembelajaran di kelas tersebut kurang maksimal dengan keterbatasan dewan guru yang mendalami akuntansi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah analisis deskriptif dengan menganalisa kondisi situasi materi yang diajarkan dan membuat pola pembelajaran materi yang perlu diperdalam melalui bimbingan dan pelatihan melalui dua tahap yakni pemahaman dan implementasi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberhasilan proses bimbingan dan pelatihan akuntansi dan pajak dengan peningkatan pemahaman siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang dibuktikan melalui pre test dan post test materi akuntansi dan pajak, selain itu terdapat peningkatan semangat optimis  dan percaya diri dari siswa kelas XII konsentrasi akuntansi dalam menghadapi UAS tahun 2018 ini.

Keywords: Prodi akuntansi,universitas matana, pengabdian masyarakat, bimbingan dan pelatihan, pemahaman siswa

 

Author Biography

Bahtiar Effendi, Matana University

Prodi Akuntansi, Jafung: Asisten Ahli

References

Agus, Suprijono. (2011). “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

DIKTI, 2012, UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. DIKTI: Jakarta.

Effendi, Bahtiar. (2018). “Penguatan Kemampuan Bendahara dan Guru SD Melalui Pembelajaran Akuntansi Dasar di SDN Mekarwangi, Ds. Mekarwangi, Kec. Cisauk, Tangerang-Banten”. Jurnal Terapan Abdimas. (Volume 3, No.2; 188-191).

Kardiman,dkk.(2009). “Prinsip-prinsip Akuntansi 1 SMA Kelas XI. Jakarta”: Yudhistira.

Website:

Kemendikbud:

http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/F8CD1A12AA5BB36A0059

Kompasiana:

https://www.kompasiana.com/len/56f0b65f709773c606c6b653/alasan-kenapa-lebih-memilih-smk-dibandingkan-sma

Downloads

Published

2018-08-31