Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA

Authors

  • Ela Suryani Universitas Ngudi Waluyo
  • Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA/SMK/MA ditujukan untuk mensosialisasikan pemanfaatan e-book kepada siswa kelas XII. E-book sebagai sumber belajar mandiri sehingga siswa mampu memperdalam materi secara mandiri apabila terjadi kekurangan jumlah tatap muka yang dilakukan guru dan siswa tidak memiliki buku cetak mata pelajaran yang lengkap.

Metode pelaksanaan yang digunakan adalah presentasi, brainstorming, dan sharing tentang e-book kepada siswa kelas XII pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Kegiatan PkM ini dilaksanakan melalui sosialisasi, pendampingan, dan monitoring dan evaluasi.

Pelaksanaan PkM pemanfaatan e-book kepada siswa kelas XII SMA N 1 Pabelan dan SMK Kanaan mampu meningkatkan pemahaman terhadap e-book yang ditandai dengan persentase indikator ketercapaian memahami e-book (93%), mengunduh e-book (51%), dan menggunakan e-book (80%). 

Tanggapan positif dari siswa kelas XII SMA N 1 Pabelan dan SMK Kanaan terhadap pelaksanaan kegiatan PkM ini tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator kehadiran peserta PkM mencapai 98% dari target dan selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan.

References

Elain, B. , Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.

Hasbiyati, H. & Khusnah, L. 2017. “Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA”. Jurnal Pena Sains. 4 (1) : 16-21

Koriaty, S. & Manggala, E. 2016. “Penerapan Media E-Book Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Pontianak” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains.5(2) : 237 – 246

Munif, A 2013. E.Book dan Buku Teks. Jakarta: Pustaka Setia.

Prabowo, A. & Heriyanto. 2013. “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2 (2): 1-9

Ragawanto, S. T. 2013. “Pengembangan Media Web Moodle Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Bab Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal untuk Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya”. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 1 (3) : http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siegenthaler, E., Wurtz, P. & Groner, R. 2010. “Improving the Usability of E-book Readers”. Journal of Usability Study. VI (1) : 26.

Suwarno , Wiji .2011. Perpustakaan dan Buku : Wacana Penulisan dan penerbitan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2018-08-19

Issue

Section

Articles