PEMBINAAN SENAM AEROBIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT PONDOK PINANG LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Authors

  • erianti ai Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.15479

Abstract

Pengabdian Program Penerapan Ipteks bagi masyarakat tentang pembinaan senam aerobik ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani masyarakat Pondok Pinang Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Pentingnya kebugaran jasmani yang baik untuk menunjang aktivitas kerja terutama masyarakat yang sudah memasuki usia lanjut untuk mempertahankan dan meningkatkan kebugaran jasmani tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan senam aerobik. Berdasarkan pelaksanaan pengabdian yang telah dilaksanakan maka meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan tentang senam aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan dapat memperbaiki kerja jantung, dan paru-paru, serta mempunyai banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Meningkatnya pengalaman warga akan keterampilan gerak berirama yang diiringi dengan musik membuat warga dalam melakukan senam aerobik dengan penuh konsentrasi, bersemangat, bergembira dan menikmati indahnya kebersamaan membuat warga yang terlibat ikut kegiatan merasakan manfaatnya. Meningkatnya motivasi dan antusias masyarakat di Perumahan Pondok Pinang Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang terhadap kegiatan senam aerobik. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran para peserta senam aerobik di lapangan dan semangat dalam mengikuti serangkaian gerakan yang dipandu dengan irama dan mengikuti instruktur yang menyenangkan. Meningkatnya nilai dan sikap, serta hubungan antar warga masyarakat Perumahan Pondok Pinang Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang mengikuti kegiatan senam aerobik. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan gerak berirama yang ditunjukkan warga yang memiliki tingkat kemampuan gerakan yang berbeda-beda.

References

Bafirman. (2013). Fisiologi Olahraga. Malang: Wineka Media.

Depdiknas, (2000). Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih Olahragawan Pelajar.

Erianti, (2011). Buku Ajar Bola Voli. Padang: FIK UNP Padang.

Erianti. (2011). Buku Ajar Bolavoli. Padang: Sukabina Press.

Ismaryati. (2008). Tes Dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: UNS Pres.

Mutohir Toho Cholik. (2004). Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Dirjen Olahraga Depdiknas.

Nugraheni Sriwahyu Ningsih. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Lansia di Panti Wreda Dharma Bhakti. Surakarta: Jurnal Infokes. 3 (1) : 34.

Pitnawati. (2013). Senam Aerobic. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Bung Hatta.

Rosmalina Yuniar, dkk. 2003. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Lansia Laki-Laki Tidak Anemia. Jakarta: Jurnal PGM. 26 (1) : 11.

Sharkey Brian J. (2003). Kebugaran & Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syafruddin. (2011). Dasar- Dasar Kepelatihan Olahraga. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang.

Downloads

Published

2018-09-05

How to Cite

ai, erianti. (2018). PEMBINAAN SENAM AEROBIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI MASYARAKAT PONDOK PINANG LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 225–236. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.15479