PELATIHAN TEKNIK PENCELUPAN DAN PENGIKATAN WARNA BENANG KEPADA PERAJIN TENUN CORAK INSANG DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • Husna Amalya Melati Tanjungpura University
  • Yudithya Ratih Jurusan Teknik Arsitektur, Politeknik Negeri Pontianak
  • Metasari Kartika Prodi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.15516

Abstract

Pelatihan pencelupan dan pengikatan warna benang telah dilakukan kepada perajin tenun corak Insang di kota Pontianak. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih perajin tenun agar dapat melakukan proses pencelupan dan pengikatan warna pada benang yang nantinya akan menghasilkan tenunan bermotif corak Insang. Pelatihan diikuti oleh perajin tenun yang tergabung dalam kelompok swadaya masyarakat yaitu KSM Mekar II dan KSM Pucuk Rebung. Sebanyak 12 orang dari anggota KSM yang mengikuti pelatihan ini. Peserta mendapat penjelasan materi berupa bahan yang digunakan dalam proses pencelupan meliputi zat warna dan penguncinya (fixer) serta praktek pencelupan dan pengikatan warna pada benang. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta telah mampu melakukan proses pencelupan dan pengikatan warna benang yang selanjutnya dianik sebagai benang lusi pada suri serta siap untuk ditenun menghasilkan tenun corak Insang.

Author Biography

Husna Amalya Melati, Tanjungpura University

Jurusan Pendidikan MIPA

Program Studi Pendidikan Kimia

References

Suhaeri, M. (2006). Tenun Songket Sambas Mati Suri? http://muhlissuhaeri.blogspot.co.id/2007/06/tenun-songket-sambas-mati-suri.html. (online).

Haryanto, J. (2014). Menilik Kerajinan Songket Sambas. http://baltyra.com/2014/08/15/menilik-kerajinan-songket-sambas/. (online)

Hadisurya, Irma. (2011). Kamus Mode Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Chodijah., Alim, Z. (2001). Desain mode tingkat dasar. Jakarta : Meutia Cipta Sarana

Tambunan, T. (1999). Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Santoso, B., Mulyono,EWS. (2015). Penapisan Zat Warna Alam Golongan Anthocyanin dari Tanaman Sekitar Sebagai Indikator Asam Basa. Jurnal Fluida 11 (2) 1-8.

Sunarto. (2008). Teknik Pencelupan dan Pencapan. Direktorat Pembinaaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Fitrihana., N (2007). Teknik Eksplorasi Pewarna Alam dari Tanaman di Sekitar Kita untuk Pencelupan Bahan Tekstil. Yogya : Kanisius

Lubis, H, Agusti, R.S, Suliyanthini, D. (2007). Pemberdayaan Ibu-Ibu di Babakan Madang Sentul dengan Pelatihan Membuat Produk Jumputan. Jurnal Sarwahita Volume 11 No. 2

Rini, Sancaya dkk. (2011). Pesona Warna Alam Indonesia. Jakarta: Kehati.

Sriatun, Sulhadi, Darsono, T, Bagus, R. (2017). Aplikasi Ekstrak Biji Binahong Merah Sebagai Pewarna Alam Ramah Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-journal) SNF2017. Vol. VI, Oktober 2017. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017

Downloads

Published

2019-07-27

Issue

Section

Articles