Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng

Authors

  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah 1) memperkenalkan sistem Mendeley, 2) memberikan pelatihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran referensi, 3) memberikan pelatihan penyusunan daftar isi, 4) mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan (workshop) yakni, pemberiaan wawasan tata tulis daftar pustaka dan daftar isi, diskusi tentang sistem Mendelay, latihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran daftar pustaka, selanjutnya dilakukan pendampingan. Jumlah peserta sebanyak 26 orang dosen swasta se kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Kampus STIKES Buleleng. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan. Respon peserta diukur dengan menggunakan kuisioner diakhir pelatihan. Peserta mengatakan bahwa materi yang dibahas dalam pelatihan mengatakan 76,1 % sangat penting, dan 23,9% penting. Kondisi ini menunjukkan bahwa materi ini memang tepat sasaran dan berguna bagi khalayak sasaran. Para narasumber menyampaikan materi 42% menyatakan sangat baik dan 58 % baik. Selain itu, respon peserta terhadap waktu pelatihan, peserta 39,0% menyatakan sangat perlu, 54% perlu, dan 7% mengatakan cukup dengan waktu yang tersedia.

References

Ahmad, Supriyadi. 2016. Menjadi Dosen Profesional Dan Inspiratif Journal. Journal Salam Volume 3 Nomor 1.

Bernard Adytia Darmadi, Rolly Intan, & Resmana Lim. (2005). Aplikasi Search Engine Paper Karya Ilmiah Berbasis Web Dengan Metode Fuzzy Relation. Jurnal Informatika, 6(2), 95–99. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/view/16368

Chang, A. (2012). Utaut and Utaut 2: a Review and Agenda for Future Research. Journal The WINNERS, 13(2), 106–114.

Hidayah, K. (2013). TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PERLINDUNGAN HAK CIPTA ATAS KARYA TULIS (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). De Jure : Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 5(1), 52–66.

Nor Asiah binti Ismail. (2011). Penguasaan penulisan karangan bahasa Melayu dari perspektif komunikatif. Seminar Penyelidikan 2011 Zon Timur Di IPG Kampus Sultan Mizan, Besut, Terengganu, (1970), 1–12. Retrieved from asiisma@yahoo.com.my%5Cn.

Rosni Wazir & Mohd Norzi Nasir. (2015). Penggunaan Karya-Karya Hadith di Pondok dan Pesantren: Satu Sorotan Ringkas. International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization, 2015(March), 442–447.

Sinambela, Lijan Poltak. 2017. Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi. Jurnal Populis, Vol.2, No.4.

Simarmata, Jonner. 2015. Karakterisistik Dosen Profesional Menurut Mahasiswa: Sebuah Survey Di Fkip Universitas Batanghari. Jurnal Ilmiah DIKDAYA.

Zamidi, I., Jamia’aton Soffiah, H., & Muhammad Kasim, B. (2013). Masalah Penulisan Tinjauan Literatur: Satu Kajian ke Atas Pelajar Semester 7 di Sebuah IPG Kampus. Seminar Penyelidikan Zon Selatan 2013.

Downloads

Published

2018-08-31

Issue

Section

Articles