Analisis Buku Dongeng Si Kancil Karya Tira Ikranegara dalam Peningkatan Nilai Moral

Authors

  • Imam Setyo Wibowo Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.16200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai moral yang terkandung dalam buku dongeng si Kancil.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam buku Dongeng Si Kancil karya Tira Ikranegara.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena dalam menyimpulkan materi hasil analisis menggunakan kata-kata bukan dengan menggunakan angka, sedangkan tehnik pengumpulan datanya melalui analisis data. Setting penelitian ini yaitu di SDN 1 Kandangrejo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara kepada guru dan orang tua/wali siswa, mengedarkan angket kepada siswa yang didalamnya terdapat beberapa pertanyaan untuk siswa, dan dokumentasi yang diambil dari buku yang dianalis.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku Dongeng Si Kancil karya Tira Ikranegara ini, diantaranya seperti seperti sikap hormat, tanggung jawab, kejujuran, keadilan, toleransi, bijaksana, disiplin, suka menolong, berbelas kasih, kerja sama, berani dan demokratis. Nilai moral tersebut terwujud melalui cara mereka bercakap- cakap, serta melalui tindakan-tindakan yang dilakukannya.

References

Ardini, Pupung Puspa. 2012. “Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/2905/2419. Diakses 27 Oktober 2015

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Aqib, Zainal. (2009). Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Bandung: TYRAMA WIDYA

Darmansyah. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Padang: Suja Bina Pres.

------------. 2000. Metode Pengembangan Agama, Moral dan Disiplin yang Efektif. Jakarta: Depdiknas.

Dervarics, Charles (2005). Rural Children Lag in Early Chilhood Education Skill.Washington DC: Population Reference Bureau .

Erna Purba, Abas Yusuf, Indri Astuti.2013.”Peningkatan Nilai-Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun”. Pg-Paud Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak

Gunarti, dkk. 2005. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Haryadi. 2009. Statistik Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Heni, Anastasia. 2010. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : CWS Indonesia

Hermansyah, dkk. 2000. Metode Pengembangan Agama, Moral, Disiplin, dan Afeksi. Bandung: Depdiknas.

Irma Sari. 2012.”Peningkatan Nilai-Nilai Moral Anak Melalui Bercerita, Permainan Papan Magnet di Raudhatul Athfal Baburrahman Padang Pariaman”. Pesona PAUD. Vol. I No.1

Koesoema A. Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Otib, Satibi Hidayat. 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta : Universitas Terbuka

Rini, Hildayani. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suhendiana, dkk. 2007. Mari Bermain Magnet. Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dikti.

Downloads

Published

2018-12-04

Issue

Section

Articles