Keefektifan Model Quantum Teaching Berbantu Media Papan Flanel Laperdaman Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Riski Septianingrum Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16242

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini salah satunya adalah Guru mengajar secara konvensional tanpa menggunakan media karena terbatasnya fasilitas dari sekolah sehingga kurang membangunkan keantusiasan siswa dalam belajar IPA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Rowoyoso tahun pelajaran 2018. Sampel yang diambil adalah satu kelas siswa dari kelas V SDN 01 Rowoyoso yang berjumlah 24 siswa dengan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest adalah 60,7 dan rata – rata nilai posttest  adalah 83. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t- ketuntasan belajar yang diperoleh ttabel sebesar1,173 dan thitungsebesar 13,672. Jadi thitung > ttabelyang artinya siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83%. Dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching berbantu media LAPERDAMAN efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah manusia kelas V SDN 01 Rowoyoso, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arpan, Muhamad, Sahbidin. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Peningkatan Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi . Jurnal Edukasi, Vol. 14, No. 2.

DePorter, B, dkk. (2010). QuantumTeaching. Bandung: KAIFA.

Dewi, Luh Putu Purnama. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 1

Feladi, V. & Marlianto, F. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Materi Pembuatan Database dan Tabel Menggunakan SQL”. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 4 No. 1 (2015). Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Herlina W., L. PT. , Nym. Dantes, Wyn. Suwatra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. Jurnal Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 1 Nomor 1.

Kian, Z., Dumanauw, M. L., & Tengko, S. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching di SMP Negeri 3 Tondano”. JSME MIPA UNIMA Vol. 1, No. 1 (2013): Fisika. Manado: Universitas Negeri Manado.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samatowa,Usman. 2010, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sugandika, I Gd Kawit, Ni Ngh Madri Antari, I Gd Margunayasa. 2013. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iv Di Gugus Vii Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD UNdiksha Vol 1 No 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penetitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susiani, K dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Bayuning. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar (online). Vol. 03.

Widiyaningsih, E.dan Pujiastuti, E.2013. Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JURNAL KREANO, Volume 4 Nomor 1.

Yahya, Husniyati. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa . Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Septianingrum, R. (2018). Keefektifan Model Quantum Teaching Berbantu Media Papan Flanel Laperdaman Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 242–250. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16242