Pengaruh Metode Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Bangun Datar 3 Dimensi Terhadap Kemamuan Pemechan Masalah

Authors

  • Peni Mardiana Sari Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedowi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle  Bangun Datar 3 Dimensi berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran matematika siswa kelas III SDN Kradenan 01 Pekalongan. Jenis  Desain penelitian ini menggunakan True Eksperimental Designs bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Kradenan 01 Pekalongan. Dari hasil analisis statistik dengan uji korelasi  diperoleh  rhitung = 0,818. dan rtabel = 0,450 dengan N=20, sehingga diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,818 >0,450 Ha  diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode problem based learning berbantu media puzzle bangun datar 3 dimensi terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dilakukan uji regresi untuk melihat seberapa besar pengaruh afektif (sikap) siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 67%.

References

Dewantara, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma Volume 11 Nomor 2 Juli 2016, 41 - 44.

Edwards, S. dan Hummer, M. (2007). Problem Baseb Learning in Early Chilhood and Primary Pre-Service Teacher Education: Identifying the Issues and Examining the Benefits. Journal Internasional.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz media

Flora Siagian, Roida Eva. 2012. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 2, No. 2.

Giarti, Sri. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle Wonosegoro. Scholaria. 4 (3), 13-27.

Goenawan, R dan Sri Harmini. 2017. Pemechan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hajar, Nasaul Azmy, A.Y Djoko Darmono, A,B,C. (2015). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning(pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa x-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi sma Negreri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2015-2016 Jurnal Ilmiah Pend.Sos Ant, 7 (2)

Henny Dewi Koeswati dkk. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4 SD. Temanggung: UKSW.

Karso.2014. Pendidikan Matematika 1. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka

Maarif, H., & Wahyudi, W. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 97-115.

Putra, Stitava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogyakarta: Diva Press

Rahayu, P. I., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Menggunakan PBL dan Discovery Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5)

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun ke 5 2016, 3456 - 3465.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Supriyanto, Bambang. 2014. Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancara Pendidikan, Vol.3, No.2.

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisis 1 mei 2015, 93 - 102.

Syafriana, D. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 30 - 43.

Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23

Wahyudi., Anugraheni, I., & Adi, w. 2018. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Proyek untuk Menunjang Kreatifitas Mahasiswa Merancang Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 6(2). 68-81

Widhiatma, Y. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4. e-jurnalmitrapendidikan, 451-453.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Sari, P. M., Purnamasari, I., & Baedowi, S. (2018). Pengaruh Metode Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle Bangun Datar 3 Dimensi Terhadap Kemamuan Pemechan Masalah. International Journal of Community Service Learning, 2(4), 251–259. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16243