Pelaksanaan Magang Program Pengembangan Kewirausahaan di CV Bintang Lima Mahardikka

Authors

  • A. R Nurhikmawati Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun
  • D. S Hariyani Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun
  • Pujiati . Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun
  • W. L Yuhanna Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun
  • Davi Apriandi Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun
  • Tomas Dewantoro Pengembangan Kewirausahaan Kampus (PPK), Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16245

Abstract

Pelaksanaan magang yang dilaksanakan di CV. Bintang Lima Mahardikka, Metode dasar yang digunakan dalam praktik magang ini adalah Observasi, Studi Lapangan, Wawancara dan Studi Pustaka. Adapun yang melatar belakangi lokasi magang dilakukan di CV. Bintang Lima Mahardikka adalah kesesuaian antara perusahaan tersebut dengan usaha mahasiswa yang akan dikembangkan dalam Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK). Selain itu, perusahaan tersebut telah berhasil mengadakan berbagai macam event besar di wilayah Madiun Kota yang merupakan lokasi pengembangan usaha mahasiswa. CV. Bintang Lima Mahardikka memiliki manajemen yang sangat baik. Perusahaan tersebut membawahi dua perusahaan lainnya: SatuAtap yang bergerak dalam persewaan peralatan event serta Event Organizer (EO), dan A1 Media yang menangani periklanan seperti percetakan sekaligus pemasangan baliho dan PNTV. Dari praktik magang yang dilakukan selama 33 hari, mahasiswa bersama timnya berhasil membuat beberapa desain untuk klien CV. Bintang Lima Mahardikka dengan panduan divisi desain perusahaan tersebut. Selain itu, mahasiswa juga ambil bagian dalam pengadaan event Bluder Cokro Fest 2018 dan  Madiun Motor Fest 2018. Hingga kegiatan magang berakhir, semua berjalan baik dan lancar dengan kerjasama tim yang baik antara mahasiswa magang dengan tim CV. Bintang Lima Mahardikka.

References

Abdul Malik, Sungkowo Edy Mulyono. 2017. Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. Volume 1 (1): 87-101, Juni.

Fakhruddin, Mulyono, S. E., Rifai, A., Utsman, & Sutarto, J. (2012). Strategi pengembangan kewirausahaan masyarakat. Semarang: Widya Karya.

Frinces, Z.H., 2010, Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 7, No. 1, April

Hafer, R.W., 2013, Entrepreneurship and State Economic Growth, Journal of Entrepreneurshop and Public Policy, Vol. 2, Issue 1, pp.67-79.

Helfand, J. (2016). Design: The Invention of Desire. New Haven: Yale University Press.

Hermuningsih, S., Widiastuti, R. Kurniawan, V. R. B., 2017, Preferensi Selera Profil Usaha (Business Profile Appetite) pada Program Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta), Prosiding Seminar Kewirausahaan, Universitas Indraprastha PGRI, Jakarta.

Landa, R. (2011). Take a Line for a Walk: A Creativity Journal. Wadsworth: Wadsworth.

Landa, R., Gonnella, R., & Brower, S. (2007). 2d: Visual Basics for Designers. Kentucky: Delmar Learning.

Liunir. 2016. Magang Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Manajerial Bisnis Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 3 No 1.

Rina Murfiana, Fikriah Noer, Rosmala Dewi. 2016. Pengembangan Kewirausahaan Di Kalangan Alumni SMK Negeri 1 Calang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol: 1 No: 1 edisi Juli.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2010). Font And Tipografi . Gramedia Pustaka Utama.

Squire, V., Forssman, F., & Willberg, H. P. (2006). Getting it Right with Type: The Dos and Don'ts of Typography. London: Laurence King Publishing.

Downloads

Published

2018-12-07