Literasi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Pencarian Informasi Ilmiah Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i4.16247Abstract
Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk melatih siswa untuk menggunakan informasi secara bertanggung jawab dengan cara mencantumkan asal atau sumber informasi yang dipergunakan, mensitasi atau mengutip informasi tertentu dengan benar, serta menggunakan informasi secara beretika. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode partisipatif dengan melalui tiga tahap yaitu 1) sosialisasi, 2) pendampingan, 3) monitoring dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan adalah: 1) pemahaman literasi informasi dalam kategori sangat baik. Hal ini ditandai dengan rata-rata persentase indikator ketercapaian sebesar 86%. 2) memperoleh respon positif yang dilihat dari indikator kehadiran peserta mencapai 98% dari target dan peserta antusias selama mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan. Kegiatan literasi informasi perlu dilaksanakan secara rutin agar seluruh siswa mampu menelusur dan mengevaluasi informasi dengan baik. Perpustakaan perlu mensosialisasikan kegiatan ini untuk membantu siswa dalam pencarian informasi ilmiah sehingga keterbatasan sumber informasi ilmiah berupa jurnal dapat diatasi dengan situs-situs yang meyediakan jurnal-jurnal ilmiah tak berbayar atau gratisReferences
Ariani, L.P.S., dkk. 2014. Pelatihan Literasi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam Pencarian Informasi Ilmiah di Era Digital. Laporan Akhir Pengabdian pada Masyarakat: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Univesitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).
Ariyani, Luh Putu Sri, I Gusti Made Arya Suta Wirawan. 2017. Peningkatan Minat Baca Dan Literasi Informasi Masyarakat Melalui Program Unggulan Perpustakaan Umum Di Bali. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF.
Batubara, Abdul Karim. 2015. Literasi Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 09 No.01.
Bawden, D. 2008. Origins and concepts of digital literacy. Dalam C. Lankshear&M. Knobel (eds). Digital literacies : concepts, policies, and paradoxes. Pp:15-32. New Yok: Peter Lang.
Delfi, Syofia. 2013. “Kegiatan Membaca sebagai Penerapan Literasi Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau”. http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JB/a rticle/view/1118. Diakses pada 10 Februari 2017.
Gipayana, Muhana. 2014. “Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 11 Nomor 1.
Kurnianingsih, Indah, Rosini, Nita Ismayati. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1, Hal 61 - 76 DOI: Tersedia online di http://jurnal.ugm.ac.id/jpkm.
Kurniawan, Komang Indra, Sang Ayu Putu Sriasih, I Gede Nurjaya. 2017. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Sma Negeri 1 Singaraja. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 7 No: 2
Marseno, Ronald, Wisnu Ananta Kusuma, Abdul Rahman Saleh. 2016. Identifikasi Literasi Informasi dalam Rangka pengembangan kurikulum di sekolah dasar. Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 13 Nomor 1.
Naibaho, Clara. 2007. Menciptakan generasi Literat Melalui Perpustakaan. Diunduh pada tanggal 4 Februari 2018 pada http://eprints.rclis.org/12549/1/Menciptakan_Generasi_Literat_Melalui_Perpustakaan.pdf
Pendit, Putu Laxman. 2008. Perpustakaan Digital dari A sampai Z. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.
Pendit, Putu Laxman. 2005. Perpustaaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Depok: Perpustakaan UI.
Rufaidah, Vivit Wardah. 2013. Literasi Informasi Pustakawan/Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian (Information Literacy Of Librarians/Library Managers Within The Ministry Of Agriculture). J. Perpus. Pert. Vol. 22 No. 1 Hal. 16-23
Sari, Ni Putu Arista, M.G. Rini Kristiantari, I.G.A.Agung Sri Asri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Literasi Sebagai Budaya Sekolah Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2
Sukaesih, Asep Saeful Rohman. 2013, Literasi Informasi Pustakawan: Studi Kasus di Universitas Padjadjaran . Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol.1/No.1, hlm 61-72.
Sulistyo-Basuki. 2013. Literasi Informasi dan literasi Digital dalam http://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasiinformasi-dan-literasi-digital/ diunduh pada tgl 15 Februari 2018.
Yusup, Pawit M., Encang Saepudin. 2017. Praktik Literasi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Sepanjang Hayat (Information Literacy Practices In The Process Of Lifelong Learning). JURNAL Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol.5/No.1, Juni 2017, hlm 79-94
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.