Penangkal Sugesti Pickpocket di Kalangan Masyarakat Medan Deli

Authors

  • Halimahtun Sakdiah Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Khuzaimah Khuzaimah Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Erwin Suryadi Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Kiki Santoso Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Riri Syavira Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan
  • Rita Julani Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17813

Abstract

Medan Deli adalah salah satu dari 21 Kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia.  Kawasan Medan Deli terletak sekitar 100 PT lebih Kawan Industri seperti, Rumah Potong Hewan, Pajak Titipan, PT Swallow, Pengerajin Tas, Pengerajin Sofa, KIM, Wijaya Karya PT, Putri Hijau PT dan Industri Perabot Rumah Tangga. Pickpocket merupakan bentuk kejahatan mencopet dengan tipu daya sugesti dikenal dengan istilah bahasa Inggris yang dalam artian bahasa Indonesia adalah tukang copet atau pencopet. jenis pickpocket yaitu Medical, Forensic, Forensic. Pelatihan cara penangkal Sugesti Pickpocket akan dilaksanakan di Aula kantor Camat Medan Deli. Program penangkal Sugesti Pickpocket adalah program yang dirancang untuk Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Medan Deli dan masyarakat sebagai wadah pelatihan mengantisipasi terjadinya kejahatan pencopetan dengan tipudaya sugesti dikalangan masyarakat. Kegiatan berlangsung selama4 bulan, meliputi sosialisasi pada bulan pertama, pelatihan kader pada bulan kedua, melakukan pengontrolan atau pengamatan kembali pada tempat sasaran pada bulan ketiga dan keempat. pelatihan berlangsung dimulai dari free test dan post test dapat  mengetahui tingkat pengenalan masyarakat dan masyarakat yang pernah mengalami dari berbagai tipu daya sugesti. Beberapa masyarakat yang telah mengalami sugesti dimulai  melalui secara langsung di dalam angkot dan melalui handphone mereka sangat mengalami trowma dengan adanya tindakan kejahatan yang mereka alami, sehingga tim pengabdian membuat pelatihan hynoterapi bagi masyarakat yang telah mengalami sugesti.

References

Andrianto, Wisnu, M. Saleh Soeaidy, Stefanus Pani Rengu. 2014. Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial (Studi Pada Dinas Sosial Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP) Vol. 2 No. 2 Hal. 202-209. Tersedia Pada : http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/361.

Astuti, Indah Fitri, Ekky Fardinan, dan Addy Suyatno. 2018. Pemetaan Sosial Sebaran Kriminalitas di Kota Samarinda Berbasis Single Exponential Smoothing dan Sistem Informasi Geografis. Sebatik, Vol. 19 No. 1 Hal. 21-27. Tersedia Pada : http://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/91.

Budiman. 2016. Efektivitas Hypnoterapi Teknik Anchor Terhadap Perubahan Perilaku Merokok Remaja (Studi Pada Klien Di Klinik Maulana Center Of Hypnotherapy Palembang). Jurnal Psikologi Islami. Vol 2 No 2.

Depraxis lep. 2019. Menguasai rahasia transformasi fast hypnosis untuk ledakan kesuksesan hidup, karir, dan percintaan anda. Buku digital.

Dermawan, M. Kemal. 2010. Pencegahan Kejahatan : Dari Sebab-Sebab Kejahatan Menuju pada Konteks Kejahatan. Jurnal Kriminologi Indonesia Vol. 1 No. III Hal. 34-42. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/.

Harum, Muhammad, dan Sutriani. 2017. Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Sutami terhadap Nilai Lahan Disekitarnya. National Academic Journal of Architecture Vol 4 No. 1 Hal. 66-73. Tersedia Pada : http://journal.uin-alauddin.ac.id/.

Mustikawati, Desi. 2017. Pelaksanaan Pengawasan oleh Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) (Studi Kasus Di Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran). Dinamika Vol. 4 No. 1 Hal. 112-124. Tersedia Pada : https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/400.

Nugrahandika, Widyasari Her, Retno Ramadhani, Ishmah Aditia Nurfajrina. 2018. Karakteristik Kriminalitas di Kawasan Permukiman (Studi Kasus: Perumahan dan Kampung Kabupaten Sleman). Plano Madani Vo. 7 No. 2 Hal. 209-220. Tersedia Pada : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/planomadani.

Pradani, Desita Putri, Murtanti Jani Rahayu, dan Rufia Andisetyana Putri. 2017. Klasifikasi Karakteristik Dampak Industri pada Kawasan Permukiman Terdampak Industri di Cemani Kabupaten Sukoharjo. Arsitektura, Vol. 15, No. 1 Hal. 215-220. Tersedia Pada : https://jurnal.uns.ac.id/Arsitektura/article/view/12166.

Rohman, Arif. 2016. Upaya Menekan Angka Kriminalitas dalam Meretas Kejahatan yang Terjadi pada Masyarakat. Perspektif Vol. XXI No. 2 Hal. 125-134. Tersedia Pada : http://jurnal-perspektif.org/index.php/perspektif/article/view/187.

Trinurmi, Hj. Sitti. 2014. Pengaruh Sugesti dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 1 No. 1 Hal. 24-35. Tersedia Pada : http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/viewFile/2551/2391.

Downloads

Published

2019-06-19

How to Cite

Sakdiah, H., Khuzaimah, K., Suryadi, E., Santoso, K., Syavira, R., & Julani, R. (2019). Penangkal Sugesti Pickpocket di Kalangan Masyarakat Medan Deli. International Journal of Community Service Learning, 3(2), 63–69. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17813

Issue

Section

Articles