Penguatan Partisipasi Perempuan dalam Pengendalian Resiko Kerusakan Lingkungan Hidup bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Mbaumuku, Manggarai, Flores, NTT

Yosefina Rosdiana Su, Fatmawati Fatmawati, Zephisius R. A. Ntelok

Abstract


Perempuan dan lingkungan adalah dua komponen kehidupan yang telah terikat secara alamiah. Karenanya, perempuan memiliki potensi dan posisi strategis yang dapat diberdayakan dalam menanggapi isu-isu pemeliharaan lingkungan. Akan tetapi, di berbagai kalangan masyarakat, posisi perempuan, terutama mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga masih dianggap tidak menguntungkan yang kemudian membatasi akses mereka untuk berpartisipasi dalam sektor publik termasuk untuk berperan serta dalam gerakan-gerakan peduli lingkungan. Bagi beberapa kelompok ibu rumah tangga, kerentanan posisi perempuan ini juga disebabkan oleh dominasi kuat budaya patriarki yang telah berakar dalam masyarakat. Paradigma ini juga telah melemahkan posisi perempuan dan cenderung menjadikannya sebagai kelompok yang termarginalkan. Mengangkat masalah pengelolaan sampah, artikel ini memaparkan sebuah upaya pendampingan berbasis gender bagi kelompok ibu rumah tangga agar kelompok ini dapat menjadi tokoh sentral yang mampu membangun sinergi dengan semua komponen masyarakat dalam mengendalikan kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh kesalahan dalam sistem pengolahan sampah.

Full Text:

PDF

References


Christie, Yosef Anata, La Sina, Rika Erawaty. 2013. Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Aktifitas Pembangunan Perumahan (Studi Kasus di Perumahan Palaran City Oleh PT. Kusuma Hady Property). Jurnal Beraja Niti Vol. 2 Nom. 11 Hal. 1-21. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/.

Devanti, Yeni Mardyana, 2017, Peengolahan Limbah Konveksi untuk Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Miskin (IRTM), Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat IPTEKS, Vol 3. No 1. Juni 2017.

Ediana, Dina, Fitria Fatma, dan Yuniliza. 2018. Analisis Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (3R) pada Masyarakat di Kota Payakumbuh. Jurnal Endurance Vol. 3 No. 2 Hal. 238-246. Tersedia Pada : http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/endurance/article/view/2771.

Edison, dan Ricvan Dana Nindrea. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) pada Sampah Rumah Tangga di Kabupaten Solok. Jurnal Medika Saintika Vol. 7 No. 2 Hal. 1-10. Tersedia Pada : http://syedzasaintika.ac.id/jurnal.

Hardiatmi, S. 2011. Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Sampah Kota. INNOFARM. Jurnal Inovasi Pertanian, 10(1): 50-66.

Huraerah, Abu.2011. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat, Model dan Strategi pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung: Buku Pendidikan-Anggota IKAPI.

Mulasari, S.A. 2012. Hubungan tingkat Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah Di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesmas, 6(3): 204-211.

Munawwaroh, Zahrotul. 2017. Analisis Manajemen Risiko pada Pelaksanaan Program Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XXIV No.2 Hal. 71-79. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/8295.

Sarwono, B.K. 2010. Pemaknaan Isu Pemanasan Global dan Lingkungan di Media oleh Kaum Perempuan Urban.http://repository.upnyk.ac.id/758/1/Pemaknaan_Isu_Pemanasan_Global_dan_Lingkungan_di_Media_oleh_Kaum_Perempuan_Urban.pdf. 18 April 2019 (20.30).

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Widiarti, Ika Wahyuning. 2012. Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste” Skala Rumah Tangga Secara Mandiri. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan Vol. 4, No. 2 Hal. 101-113. Tersedia Pada : https://media.neliti.com/media/publications/128691.

Wilar, G., Indriyati, W. dan Subarnas. 2014. Pemanfaatan Dan Pengolahan Limbah Kulit Pisang Menjadi Permen Kulit Pisang Yang Berkhasiat Antidepresi Dalam Upaya Pemberdayaan Kesehatan Dan Perekonomian Masyarakat Desa Di Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Cianjur. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat.Vol. 3, No. 1, Mei 2014: 5-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17816

Article Metrics

Abstract view : 969 times
PDF file view : 938 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.